Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Lain "Hatchback" Datsun Diperkenalkan Agustus 2014

Kompas.com - 29/06/2014, 12:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Moskwa, KompasOtomotif - Datsun model sedan, on-DO, yang telah diperkenalkan khusus untuk Rusia, April lalu, tidak akan sendirian. Setelah resmi dipasarkan pada Agustus nanti, rencananya diikuti pengenalan hathback baru yang disebut mi-DO.

Media Rusia, Kolesa.ru, Sabtu (28/6/2014), melaporkan, perjalanan Datsun tetap berjalan sesuai target. Produksi massal on-DO segera dilakukan pada 14 Juli. Sementara mi-DO sedang menjalani masa pengetesan, pemasarannya akan dilakukan dalam beberapa bulan setelah dikenalkan pada Agustus.

Kedua model Datsun untuk Rusia berbeda dengan model lain milik India, Indonesia, dan Afrika Selatan. Baik on-DO dan mi-DO memakai basis Lada Granta (sedan) dan Kalina (hatchback). Semua diproduksi di pabrik AvtoVAZ di Tolyatti, Rusia. Perusahaan otomotif asli Rusia itu dimiliki oleh Renault yang beraliansi dengan Nissan (induk Datsun).

wroom.ru Datsun hatchback, diduga akan dinamai mi-Do untuk Rusia.

Keduanya menghasilkan tenaga 88 PS dari mesin bensin 1.6 liter dengan transmisi manual 5-percepatan.  Ada kemungkinan mi-DO mendapatkan tambahan pilihan, mesin bensin 1.4 liter dari Lada Kalina.

Indianautosblog Rendering mi-Do versi desainer.

Belum ada keterangan resmi soal banderol Datsun, namun perkiraannya on-DO di bawah Rp 100 juta. Sedangkan versi hatchback, mi-DO, lebih murah dari itu. Kedua model tersebut hanya dibuat khusus untuk Rusia, tidak akan masuk ke pasar lainnya. Laporan lain juga mengungkapkan, akan ada produksi ketiga Rusia, versi crossover.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com