Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Rahasia Honda Jazz Terbaru Lebih Murah

Kompas.com - 27/06/2014, 10:41 WIB
Donny Apriliananda

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
– PT Honda Prospect Motor (HPM) baru saja meluncurkan All-New Jazz generasi ke-3, Kamis (26/6/2014). Yang mengejutkan, meski fitur, model, dan kemampuan jauh lebih baik, harganya mirip-mirip. Seperti diulas KompasOtomotif, ada tipe yang naik harga, namun sebagian besar malah lebih murah. Kok bisa?

Large Project Leader Honda R&D Tochigi Center Jepang Makoto Konishi mengatakan, bahwa strategi utama untuk mengurangi biaya produksi menjadi isu penting dalam pengembangan hatchback terbaru ini. Alhasil prinsipal memaksimalkan komponen yang bisa dilokalisasi untuk menekan biaya.

”Untuk Jazz terbaru, kandungan lokalnya mencapai 72 persen. Bandingkan dengan Jazz generasi sebelumnya yang hanya 42 persen. Kami melihat ada beberapa komponen yang mampu dibuat di Indonesia,” kata Konishi, tanpa menyebut komponennya secara spesifik.

Strategi kedua, Honda secara global menerapkan strategi pemusatan suku cadang. Artinya, ada beberapa komponen yang dibuat di negara tertentu untuk didistribusikan ke seluruh dunia. Misalnya suspensi belakang, dibuat di Eropa tapi didistribusi ke semua wilayah.

”Sebenarnya suspensi belakang itu pun bisa dibuat di Thailand atau Jepang agar lebih dekat ke negara Asia. Tapi itu pilihan kami dengan memikirkan strategi yang lebih global,” ungkap Konishi.

Honda Indonesia sendiri sudah mampu membuat transmisi yang juga didistribusikan ke beberapa negara di dunia melalui PT. Honda Precision Parts Manufacturing (HPPM).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com