Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem Otonomos “Aftermarket” Mulai Dijual Bebas

Kompas.com - 26/06/2014, 15:45 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

California, KompasOtomotif - Perusahaan asal San Francisco, Cruise Automation, meluncurkan produk aftermarket, RP1, yaitu sistem yang mampu mentransformasi mobil biasa menjadi otonomos. Harganya terjangkau, “hanya” Rp 121 juta, bisa jadi lebih murah dibanding mobil otonomos lengkap bikinan Google.

Namun ada syaratnya, RP1 hanya bisa terintegrasi dengan Audi A4 atau S4 model 2012 hingga sekarang. Satu paket sistem terdiri dari sensor yang diletakan di atap, terdiri dari kamera, radar, dan alat indera lainnya untuk merekam data kemudian mengolahnya menjadi keputusan.

“Tidak ada alasan buat kami tidak melakukan ekspansi ke mobil lain,” ucap Kyle Vogt, CEO Cruise kepada Autoblog, Rabu (25/6/2014).

Cruise Automation Pusat sensor Cruise Automation RP1 terletak di atap mobil

Cara kerja
Data dikirim ke komputer mini di bagasi yang mengendalikan kemudi, rem, dan pedal gas untuk mengontrol gerak mobil. Tombol di dalam kabin bisa mengatur seberapa cepat kontrol otonomos yang diinginkan.

Dijelaskan, untuk tahap pertama akan diproduksi 50 unit. RP1 hanya bisa diinstal di markas Cruise di San Francisco, namun pelaksanaannya akan dimulai pada 2015.  

RP1 beradaptasi dari era sistem cruise control hingga otonomos. Semua bisa dikendalikan, termasuk membuat mobil berhenti kemudian berjalan lagi. Tapi masih ada ketentuan lain, mobil dengan RP1 hanya boleh dikemudikan di jalan terpilih di California. “Kami menggunakan pemetaan untuk membatasi area operasi, hanya di jalur bebas hambatan yang datanya telah cukup demi keselamatan konsumen,” ujar Vogt.

Video pengenalan Cruise Automation RP1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com