Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persaingan Google dan Apple di Otomotif Makin Memanas

Kompas.com - 26/06/2014, 10:23 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

California, KompasOtomotif - Google dan Apple seakan membuat kompetisi untuk mereka sendiri dalam otomotif. Dua merek raksasa asal Amerika Serikat ini terus bersaing melahirkan kecanggihan teknologi untuk kendaraan. Terakhir, Google bertindak lebih jauh dengan memperkenalkan Android Auto yang didesain agar kompatibel dengan ponsel berbasis android di sistem entertainment mobil.

Cara kerjanya mirip Apple CarPlay. “Android Auto menggabungkan hal paling baik di antara dua dunia. Anda akan mendapatkan aplikasi dan semua keunggulan ponsel pintar dengan kontrol fisik yang telah disempurnakan untuk mengemudi,” ujar Direktur of Engineering, Patrick Brady, seperti diberitakan Greenbooth, Rabu (25/6/2014).

Sistem pada head unit meniru lingkungan ponsel berbasis android, hanya saja dibuat sederhana agar lebih mudah digunakan. Contohnya, pada Google Maps, tampak depan didesain dengan ikon sentuh lebih besar untuk meminimalisi gangguan.

Android Auto juga memiliki fitur terbaru, perintah suara (Voice Commands). Memudahkan penggunaan Google Maps atau Play Music, bahkan SMS. Mobil pertama dengan Android Auto akan diperkenalkan di akhir 2014.

Android Auto hanya langkah awal. Audi, General Motors, Honda, Hyundai, dan Google telah setuju membentuk Open Automotive Alliance. Salah satu tujuannya membawa Android lebih mainstream di otomotif.

Video perkenalan Android Auto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com