Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parade 10.000 Vespa Banjiri Jalan di Italia

Kompas.com - 17/06/2014, 23:59 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sumber Motorcycle
Mantua, KompasOtomotif — Lebih dari 10.000 unit Vespa yang berasal dari 310 klub dari 32 negara berkumpul di Mantua, Italia, kemudian berkonvoi ke arah San Benedetto Po. Perjalanan ini berlangsung pada hari kedua Vespa World Days 2014.

Keterangan resmi Piaggio, pekan lalu, menyebutkan, perwakilan negara berasal dari Vietnam, Pakistan, Brasil, Amerika Serikat, dan India. Masih ada juga negara lain yang punya kultur kuat dengan skuter yang terinspirasi dari lebah ini, seperti Perancis, Jerman, Inggris, Belgia, Belanda, Spanyol, Rusia, Portugal, Yunani, Kosovo, dan Albania. Tetapi sayang, tidak disebutkan perwakilan dari Indonesia, salah satu komunitas Vespa yang juga terbesar di dunia.

Motorcycle Parade 10.000 Vespa di Italia

Dijelaskan, barisan parade mengalir sepanjang 10 km. Sebagai perbandingan, jarak ke San Benedetto Po sejauh 22 km, berarti hampir setengah jalan ditutupi bodi Vespa. Diklaim, ajang kumpul fans Vespa tahun ini terbesar di dunia.

Sedikitnya ada 18 juta produksi unit Vespa sejak 1946. Sekitar 1,3 juta di antaranya telah berhasil dimiliki peminat di seluruh dunia selama dekade terakhir. Pada 2013, Piaggio sukses memasarkan 190.000 unit Vespa. Merek asli Italia ini digemari lintas generasi, “memaksa” masuk sebagai budaya berkendara yang menjelma menjadi gaya hidup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Motorcycle
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com