Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Rasanya Duduk di Jok Belakang Nissan X-Trail 2014

Kompas.com - 17/06/2014, 10:36 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Fukuoka, KompasOtomotif – Harus diakui, nilai tambah All-New Nissan X-Trail untuk bersaing di panasnya segmen SUV Indonesia, adalah hadirnya opsi jok baris ke-3. Biasanya, konsumen Indonesia cukup sensitif soal ini dan meragukan kenyamanannya, terutama karena ruang yang disediakan tak cukup mengakomodasi kaki, serta kepala penumpang dewasa.

Karena itulah, Nissan menambah wheelbase dan tinggi sebagai solusi. Namun dijelaskan Manager Product Planning Strategy Nissan Motor Co Ltd, Kimihiro Kusayanagi, desainer dan para insinyur tak mengorbankan performa kendaraan. Meski lebih panjang—secara teori akan menambah ruang kabin—namun overhang belakang tetap pendek. Sasis baru juga diklaim sanggup mengompensasi handling.

Tentu, hadirnya jok baris ke-3 membuat penasaran. Tak hanya kenyamanan di belakang, penumpang baris ke-2 juga patut diraba kenyamanannya. Sebelum menguji performanya di sirkuit Autopolis, Fukuoka, Jepang, KompasOtomotif mencoba duduk sebagai penumpang, baik di baris ke-2 maupun ke-3.

Baris kedua
Beberapa kali KompasOtomotif menjajal duduk di baris ke-2. Duduk persis di belakang pengemudi biasanya bermasalah, karena ada yang punya gaya menyetir menjauh dari setir, terutama pengemudi yang tinggi badannya di atas 170 cm, membuat jok harus dimundurkan. Kendati demikian penumpang tetap nyaman.

KompasOtomotif yang bertinggi 172 cm tak tertanggu dengan ruang kaki di baris ke-2. Bahkan masih ada sisa jarak beberapa cm. Head room juga lega.

Dhany-Autobild for KompasOtomotif Posisi duduk di jok baris ke-3 All-New Nissan X-Trail.

Baris ketiga
Lalu pindah ke baris ke-3, jelas tak senyaman baris ke-2. Hal ini juga pasti ditemui di mobil lain yang menyediakan jok tambahan ini. Desainnya lebih flat dengan posisi duduk lebih tinggi. Paha seolah menggantung. Tapi, X-Trail baru masih menyediakan ruang kepala yang cukup lega.

Di varian dengan tiga baris jok, baris ke-2 bisa dimaju-mundurkan untuk memberi ruang kaki lebih banyak pada penumpang belakang. Jika jok baris ke-2 dimundurkan sampai mentok, kaki akan menempel pada jok depannya. Jika ingin lebih nyaman, jok tengah harus sedikit dimajukan.

Secara keseluruhan ruang untuk seluruh penumpang ternyata di luar dugaan cukup nyaman. Nissan berhasil memberikan space yang cukup, bahkan untuk duduk di bangku paling belakang. Misi memberikan solusi untuk konsumen di beberapa negara bisa dikatakan berhasil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com