Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiap Mobil BMW akan Terkoneksi dengan GoPro

Kompas.com - 13/06/2014, 20:29 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

New Jersey, KompasOtomotif – BMW mengumumkan kerjasama dengan produsen kamera GoPro, menjanjikan pengambilan gambar yang lebih mudah ketika berkendara di suasana tertentu. Mulai 12 Juli 2014, mobil-mobil grup BMW akan dilengkapi BMW Apps atau MINI Connected sebagai sistem hiburan onboard yang terintegrasi dengan GoPro via Wi-Fi.

Dikatakan, saat ini tren menunjukkan banyak pengguna mobil yang memasang kamera onboard untuk merekam aksi tertentu. Misalnya dalam track day di sirkuit, saat uji performa, hingga perjalanan menyenangkan dengan pemandangan alam indah di sekitar.

Mengoneksikannya gampang. Pengguna cukup punya minimal iPhone 4 atau gadget lain yang punya aplikasi GoPro. Gadget harus pairing (terhubung) dulu dengan kamera GoPro via Fi-Fi, lalu disambungkan dengan sistem pada mobil, entah melalui USB atau adaptor.

Dengan begitu, aplikasi GoPro otomatis akan terpampang di layar monitor mobil. Pengoperasian kamera pun bisa dilakukan lewat menu sistem hiburan pada mobil, seperti BMW ConnectedDrive atau MINI Connected.

motorauthority Merekam momen lebih mudah dan aman dengan koneksi langsung antara kamera dan mobil.

Memang, dalam interface di sistem hiburan tidak memunculkan semua fungsi GoPro, namun dengan koneksi ini, pengguna bisa menikmati enam mode perekaman, termasuk dua mode untuk time laps (sekumpulan still foto yang diambil dengan periode yang beraturan untuk menggambarkan proses, pergerakan, atau perubahan objek. Lalu diproses editing dengan menambah kecepatan (speed duration). Misal, matahari terbenam atau terbit, pergerakan suasana kota dan sebagainya).

Preview video atau foto bisa ditampilkan dalam monitor mobil. Namun, demi alasan keamanan, fitur ini hanya bisa dilakukan ketika mobil sedang berhenti.

”GoPro adalah pasangan yang natural untuk pengemudi BMW. Kerjasama ini membawa sesuatu yang baru, lebih aman, dan menambah pengalaman yang sebelumnya dirasa tidak mungkin,” kata Phil Johnston, Head of BMW Group AppCenter USA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com