Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda2 Bakal Dilengkapi Varian Diesel

Kompas.com - 11/06/2014, 11:12 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Tokyo, Kompas.com - Mazda akan meluncurkan All-new Mazda2 di tahun ini. Menariknya, mobil dengan nama lain Demio ini akan mendapatkan mesin diesel, Skyactiv-D 1.5L.

Mesin tersebut adalah hasil pengembangan terbaru yang dilakukan, untuk menambah line-up sebagai ciri khas model terbaik Mazda. Skyactiv-D diklaim sangat hemat bahan bakar tapi tetap memiliki tenaga besar.

Jantung pacu tipe 4 silinder tersebut mampu menyemburkan daya 105 PS pada putaran 4.000 RPM, dan torsi puncak 250 Nm (184 lb-ft), yang tersedia pada putaran mesin 1.500 RPM sampai 2.500 RPM.

Emisi gas buang sudah mencapai standar Euro 6. Hal tersebut merupakan hasil kinerja yang baik dari geometri variabel turbo, sensor rotasi, dan sistem intercooler yang menambah efisiensi turbin dan meningkatkan respon akselerasi. Para ahli mesin juga sukses menurunkan resistensi mekanis dan meningkatkan efisiensi pembakaran.

"Mesin Skyactiv bakal makin berkembang dan menjadi lebih baik dibandingkan dengan sistem mesin lainnya," jelas Ichiro Hirose, Vice President European, Research and Development Mazda Motor Co, seperti dilansir Worldcarfans, Rabu (11/6/2014).

Selain mengembangkan mesin Skyactiv-D 1.5L untuk Mazda2, pabrikan asal Jepang ini juga menyiapkan tipe serupa berkapasitas 2,2 liter, buat CX-5.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com