Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha R15 dan R25 Pengaruhi Pasar Sepeda Motor Sport Bekas

Kompas.com - 09/06/2014, 17:14 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif– Pengaruh lahirnya Yamaha YZF-R15 dan YZF-R25 di pasaran, langsung berdampak pada pembelian sepeda motor bekas (motkas) jenis sport. Indikasi utamanya, motkas sport kini lebih lama laku dari biasanya.

Duta Motor, salah satu dealer motkas, di Pamulang Barat, Tangerang Selatan, mengungkapkan, biasanya sepeda motor seperti Suzuki Satria F, Yamaha Byson dan Yamaha V-ixion, Honda CBR150R, dan CBR250R, serta Kawasaki Ninja 250FI, butuh waktu di bawah sebulan sebelum dipinang konsumen. Namun kini butuh lebih dari dua bulan hingga laku.

“Ini efek dari banyaknya sepeda motor baru yang lahir di pasaran, terutama R15 dan R25. Mempengaruhi minat beli, terlebih lagi harganya memang terjangkau, konsumen pilih menunggu,” ujar Udin, salah satu penjaja dari Duta Motor, Senin (9/6/2014).

Penjualan motkas sport pun menurun, di Duta Motor setiap bulan bisa 10 unit laku, tapi kini hanya 5 unit. “Sedang kurang bergairah, motkas sport tetap dibeli orang, tapi waktunya saja semakin lama,” imbuh Udin.

Hal serupa juga diungkapkan Ricky Yohanes, Pimpinan Setia Kawan Motor (SKM), salah satu dealer motkas di daerah Depok. Kendati tidak banyak menjual sepeda motor sport (sekitar 4-5 unit per bulan), performanya diakui memang tidak sebagus tahun lalu.

“Konsumen pembeli motkas sport terutama 250 cc itu termasuk kelas atas. Jadi mereka lebih memilih membeli unit baru ketimbang bekas,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com