Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penyebab Mercedes F1 Gagal Juara

Kompas.com - 09/06/2014, 10:36 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Sumber F1
Montreal, KompasOtomotif - Tim Mercedes Formula One kali ini harus merelakan podium pertama kepada Red Bull Renault, setelah Nico Rosberg finis di belakang Daniel Ricciardo. Kubu Mercedes mengklaim, ada masalah pada Motor Generator Unit-Kinetic (MGU-K) di dua mobilnya.

GP Kanada yang berlangsung Senin (9/6/2014) dini hari WIB, berlangsung menarik. Dua mobil Mercedes yang dikendarai Lewis Hamilton dan Rosberg, mengalami masalah panas yang berlebih di komponen MGU-K. Parahnya, Hamilton sampai harus gagal finish karena masalah ini, beruntung Rosberg masih mampu mengamankan posisi dua.

Masalah sudah terjadi pada pit-stop kedua, dimana Hamilton sempat melewati Rosberg. Tim mekanis menemukan suhu yang terlalu panas pada MGU-K, karena aliran udara pendingin tidak bekerja, Hamilton pun harus mengakhiri balapan lebih cepat. Sedangkan Rosberg masih mampu menyelesaikan lap yang tersisa, tanpa memanfaatkan daya elektrik yang berasal dari energi sisa pengereman, akibat rusaknya MGU-K tersebut.

Melebihi batas
“Sistem kontrol pada ERS (Energy Recovery Systems) tidak bekerja. Pada bagian MGU-K, suhu sudah melebihi batas, dan kami tidak menyadari bahwa itu memberikan efek yang merugikan. MGU-K tidak bisa digunakan, dan tim teknis juga tidak bisa mengeset ulang," jelas bos Mercedes F1, Toto Wolff, seperti dikutip AdamCooperF1, Senin (6/9/2014).

Wolff memuji habis penampilan Rosberg yang menyelesaikan balapan meski mobil mengalami masalah. Menurutnya, Rosberg sudah memaksakan kondisi mobil buat mendapatkan hasil yang maksimal.

"Tim mengatakan kepada Lewis dan Nico, untuk menggunakan rem dengan baik, karena sudah kehilangan motor listrik. Rem bisa terlalu panas, dan keseimbangan sistem res harus diubah. Mobil Lewis tidak bisa melanjutkan balapan, beruntung Nico bisa mengatasinya," tutup Wolff.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber F1
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com