Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaguar F Type Coupe Menggoda dengan Rp 2,3 Miliar

Kompas.com - 06/06/2014, 14:18 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - PT Grandauto Dinamika (GAD), distributor dan importir resmi Jaguar Land Rover di Indonesia, memperkenalkan sportscar terbaru, Jaguar F Type Coupe berkonstruksi full aluminium. Diklaim inilah mobil sport dengan kemampuan paling dinamis, dan berperforma yang pernah diproduksi Jaguar.

Kendaraan ini merupakan perwujudan dari konsep Jaguar C-X16, yang mendebut di Frankfurt Motor Show 2011. Desainnya dramatis ditunjukan pada tiga bagian utama. Dua bagian pertama berbagi dengan F-Type Convertible, yaitu di depan dan sayap belakang. Sementara bagian utama terlihat profil garis atap coupe yang menampilkan siluet kabin tajam.

"Inilah sportscar ekslusif yang membuat pemiliknya memiliki prestise tertinggi. Lekukan desainnya menyiratkan kemewahan, yang dipadukan dengan performa sangat baik. Sensasi sportcar rasa Inggris itu kini bisa digeber di jalanan Indonesia," kata Lisa Wijaya, Chief Operating Officer GAD, dalam peluncuran sekaligus pembukaan ruang pamer baru, di Jl Yos Sudarso, Jakarta Utara, Jumat (6/6/2014).

KompasOtomotif-Donny Kabin Jaguar F Type tergolong mewah untuk ukuran mobil sport
Performa
Desain atraktif itu didukung mesin dahsyat, tipe V6, 3.000cc, supercharger dengan output tenaga 380 PS @6.500 rpm dan torsi 460 Nm @3.500-5.000 rpm. Tenaga disalurkan lewat transmisi 8-percepatan, quickshift dengan rasio gigi rapat, yang memang dioptimalkan untuk mendukung performa. Pengguna akan dimanjakan dengan pilihan perpindahan gigi secara manual dengan sistem sekuensial melalui tuas SportShift di konsol tengah maupun paddle shift di balik kemudi.

Dengan komposisi spesifikasi di balik kap seperti itu, mobil bisa berakselerasi dari 0-100 kpj ditempuh dalam 4,9 detik. Sementara kecepatan puncak mencapai 275 kpj (dibatasi karena alasan keamanan).

KompasOtomotif-Donny Lampu LED mambuat Jaguar F Type lebih sporty elegan
Aluminium
Keahlian Jaguar dalam teknologi aluminium memungkinkan desain F-Type Coupe mendapatkan bobot sangat ringan, sekaligus memiliki struktur kabin sangan kuat. Bobot total hanya 1.594 kg, membuat model ini mampu memaksimalkan konsumsi bahan bakal menjadi 10,8 kpl.

Bagian samping badan dicetak dari satu lembar aluminium, sementara atapnya ditawarkan dalam dua pilihan, full aluminium atau panoramic. Spoiler belakang dapat dinaikan. Jajaran lampu berteknologi LED mempercantik rekayasa desain buritan.

GAD memasarkan model ini dengan banderol Rp 2,3-2,4 miliar, on the road Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com