Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Mini Colt Diesel Bisa Angkut 17 Penumpang

Kompas.com - 03/06/2014, 14:03 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Tak hanya meluncurkan duo medium truk Fuso dengan penambahan panjang sumbu roda, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), juga punya varian baru di segmen Colt Diesel. Konsepnmya juga sama, punya sasis lebih panjang, yaitu tipe FE 71 Long Bus Chassis.

Diluncurkan di kantor pusat KTB, Pulomas, Jakarta Timur, Selasa (3/6/2014), bus mini baru itu diharapkan semakin mengakomodasi kebutuhan masyarakat, untuk kegiatan transportasi antarkota yang berkembang. Karena wheelbase lebih panjang, daya angkut pun bertambah, sehinga mampu mengangkut 17 penumpang secara eksklusif dengan kursi tipe reclining.

Saat ini hanya tersedia tipe sasis yang bisa disesuaikan atau dibangun di karoseri sesuai kebutuhan. Namun KTB akan melengkapinya dengan varian mikro bus yang sudah siap digunakan, bekerjasama dengan karoseri Adi Putro, Malang, Jawa Timur, dengan nama tipe FE 71 Long Complete Bus.

Lebih efisien
"Masyarakat semakin membutuhkan moda transportasi yang lebih efisien dengan daya angkut lebih banyak. Kami menjawab dengan varian baru lebih panjang, berdasarkan permintaan konsumen," ujar Rizwan Alamsjah, Marketing Director of MFTBC Marketing Division KTB.

Kelebihan tipe ini tak cuma lebih panjang, tetapi juga punya suspensi yang nyaman dengan penggunaan stabilizer untuk pengunaan jarak jauh. Radius putar terkecil di kelasnya, dilengkapi power steering yang memudahkan pengoperasian. Ban radial dan pelek aluminium memberikan kesan mewah di kelas bus mini.

Jarak sumbu roda kini menjadi 3,350 meter, juga berguna sebagai kendaraan untuk promosi (jika tak dipakai sebagai angkutan orang). Sementara tipe complete bus bisa dimanfaatkan sebagai bus sekolah, travel, shuttle bus, angkutan umum, dan sebagainya. Dua pilihan warna disediakan, yakni silver dan putih. Model ini akan dilengkapi dengan AC dan CD Player.

Harga tipe sasis dipatok Rp 202,4 juta off the road Jabodetabek. Sementara harga tipe complete bus akan menyusul September.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com