Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balapan Menantang Cahaya dalam Gelap [Video]

Kompas.com - 30/05/2014, 17:56 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

California, KompasOtomotif – Castrol punya cara unik untuk menyosialisasikan performa produk pelumas mobil, Edge Titanium. Diklaim sebagai oli yang sanggup mendukung kendaraan berperforma tinggi, dibuktikan lewat adu ketangkasan menggeber mobil dalam gelap, melawan cahaya dan diri sendiri.

Adu ketangkasan yang diberi titel ”Castrol Edge Titanium: Titanium Strong Blackout” itu juga dilakukan sebaga uji coba perdana pelumas yang kini diperkuat Titanium FSTTM untuk menaikkan performa. Pebalap yang beraksi adalah Ken Block, Augusto Farfus (BMW Motorsport/DTM), Mike Rockenfeller (Audi Sport/DTM), dan Adrian Zaugg (pebalap Lamborghini Squadra Corse).

Mereka bersatu melawan cahaya yang terus melaju membentuk trek khusus. Dari rilis yang diterima KompasOtomotif, aksi ini juga bisa dikatakan sebagai karya seni pertama di dunia berupa jalur balap sangat gelap yang terbuat dari ratusan pendaran cahaya.

Castrol Cahaya laser menari-nari membentuk sirkuit yang harus diikuti pebalap.

Arena pacu dirancang untuk mengakomodasi empat mobil yang memainkan peran masing-masing. Trek juga dirancang untuk memacu para pebalap dan kendaraannya hingga batas kemampuan mereka, menguji ketangkasan pebalap sekaligus mesin untuk tampil harmonis.

Pada tiap putaran, para pebalap dihadapkan pada serangkaian rintangan cahaya berupa Laser Tunnel, Laser Drift, Slalom, dan Laser Box. Di akhir video, Ken Block dengan Ford Fiesta ST RX43-nya melakukan lompatan keseimbangan di atas Audi R8V10 milik Mike Rockenfeller, yang sedang melaju.

Aksi itu dirasa sulit, karena Fiesta Ken Block tidak memiliki speedometer dan RPM,  ditambah trek yang basah akibat guyuran hujan. ”Aksi ’blackout’ sama sekali tidak seperti yang pernah saya lakukan sebelumnya. Rasanya seperti berada dalam video game. Jalur balap akan terus tampak dan menghilang saat saya mengendarai mobil dan mencoba untuk mengharmonisasikan keberadaan saya dengan pembalap lain. Ini jelas bukan tantangan mudah,” kata Ken.

Saksikan video spektakulernya berikut:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com