Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Datsun Akan Jemput Konsumen "sampai ke Akar Rumput"

Kompas.com - 26/05/2014, 11:41 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Cirebon, KompasOtomotif – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) sudah siap dengan strategi pemasaran untuk LCGC. Datsun Go+ Panca yang sudah meluncur, tidak akan cuma merasakan hawa dingin showroom mewah dan menunggu pembeli, tapi dijebloskan langsung ke titik keramaian yang mewakili calon konsumen, yaitu masyarakat kelas menengah.

Dikatakan Teddy Irawan, Vice President of Aftersales, Product & Accessories Planning NMI, di Cirebon (22/5/2014), aktivitas grass root (sampai ke akar rumput) adalah strategi untuk lebih mendekatkan diri dengan konsumen. ”Kami harus pergi ke tempat mereka (konsumen). Misalnya, tempat belanja kebiasaan mereka,” terangnya.

Dikatakan, karakteristik konsumen di segmen ini jauh berbeda dengan konsumen mobil pada umumnya. Karena kebanyakan adalah orang yang belum punya pengalaman dengan mobil baru, untuk masuk ke showroom adalah hal yang cukup ”ditakuti”.

”Masuk showroom pasti muncul pikiran aneh-aneh. Mulai dari salah masuk, takut dibohongi, disuruh beli, atau lainnya. Ini first time buyer, pasti beda. Mending kami jemput mereka di pusat perbelanjaan, itu pun bukan mall mewah,” beber Teddy.

Natural
Intinya, NMI ingin calon konsumen merasa nyaman dengan aktivitas penawaran yang dilakukan. Dengan berbelanja, bisa juga ditawarkan test drive. Aktivitas penawaran pun dilakukan dengan gaya senatural mungkin agar calon konsumen tak takut dicecar atau malah diteror melalui telepon agar membeli.

”Saya sudah memberi pesan kepada tenaga penjual untuk lebih berhati-hati dengan perasaan calon konsumen. Senatural mungkin saja, jangan under estimate (meremehkan), jangan pula terlalu tinggi. Yang jelas harus lebih telaten,” jelas Teddy.

NMI khususnya Datsun Indonesia sudah menyiapkan roadshow yang akan digelar di berbagai wilayah di Indonesia. Sejumlah pendekatan ke calon konsumen juga akan dilakukan agresif tahun ini juga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com