Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GM Kembangkan Sabuk Pengaman ”Bawel”

Kompas.com - 21/05/2014, 12:47 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Detroit, KompasOtomotif – General Motors (GM) saat ini sedang mengembangkan sistem keamanan yang mencegah mobil berjalan, jika penumpang belum memasang sabuk pengaman. Mereka menamakan Belt Assurance System, yang akan ”bawel” memperingatkan penumpang untuk memasang sabuk pengaman sebelum melakukan perjalanan.

Detail sistem pengaman ini diumumkan dalam kampanye keselamatan berkendara ”Click It or Ticket” yang dilakukan mingu ini di Amerika Serikat. Sistem dalam mobil akan terus membuat transmisi otomatis tak bergerak, atau mengunci di posisi ”P”, jika penumpang depan tak memasang sabuk pengaman.

”Keamanan penumpang adalah muara dari apa yang kami lakukan. Sistem keamanan ini sangat penting untuk menciptakan kebiasaan setiap kali mereka masuk ke mobil dan memulai perjalanan,” ujar GM Safety Head Jeff Boyer.

Pengumuman kampanye ini adalah elemen lain fokus GM untuk keselamatan berkendara, setelah perusahaan digempur isu miring recall, yang menimpa ribuan mobil karena terbakarnya switch kontak, dan menyebabkan pengguna mengalami celaka.

Belt Assurance System akan tersedia tahun ini juga untuk beberapa model sebagai opsi tambahan, atau unit yang terjual secara fleet. Belum jelas, apakah sistem keamanan ini dipakai sebagai teknologi standar untuk mobil-mobil masa depan GM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com