Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Waktu yang Tepat untuk Isi Bensin

Kompas.com - 20/05/2014, 15:00 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Ada anggapan bahwa mengisi bahan bakar minyak (BBM) kendaraan sebaiknya pada malam atau dini hari, saat suhu udara dalam keadaan dingin. Saat suhu dingin, partikel BBM lebih padat dibanding saat panas. Ini dianggap berpengaruh pada volume BBM dan tingkat penguapan saat pengisian bahan bakar.

Menanggapai hal ini, Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir menjelaskan, secara teori, temperatur akan berpengaruh pada berat jenis semua zat, termasuk BBM. Namun, untuk perubahan suhu siang dan malam di Indonesia yang tidak terlalu berarti, maka pengaruh pada volume bensin sangat kecil sekali.

“Perubahan temperatur akan mengubah berat jenis (densitas) BBM. Namun, berat jenis ini akan kembali pada saat temperatur kembali seperti semula. Pengisian BBM pada pagi hari ataupun siang hari tidak mempengaruhi volume BBM yang dikeluarkan secara signifikan,” urai Ali Mundakir kepada KompasOtomotif, Senin (20/5/2014).

Tangki kosong
Ia melanjutkan, bahan bakar memiliki sifat menguap lebih cepat. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk isi bahan bakar tanpa menunggu tangki kendaraan dalam keadaan kosong. Yang terpenting, menurut Ali, bukan menentukan waktu (siang/malam) untuk mengisi bensin, melainkan kondisi yang tepat (tangki kosong/isi) untuk mengisi bensin.

“Semakin banyak bahan bakar yang ada di tangki kendaraan, maka semakin sedikit ruang kosong untuk penguapan BBM, dan penguapan dapat dikurangi. Dianjurkan selalu mengisi tangki kendaraan dan jangan tunda sampai hampir habis,” tutup Ali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com