Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Fitur Keamanan Sepeda Motor yang Penting untuk Harian

Kompas.com - 19/05/2014, 18:56 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Tak banyak fitur keamanan yang bisa disediakan produsen untuk sepeda motor skutik. Dengan harga terjangkau dan kapasitas mesin yang tak besar, tak mungkin Anda mengharapkan peranti ABS untuk menjaga ban tetap terkendali, atau mungkin kontrol traksi. Paling mentok fitur keselamatan sederhana tetapi berguna untuk penggunaan sehari-hari.

Lahirlah beberapa fitur yang sangat membantu, terutama untuk para pengguna skutik. Konon, pengguna sepeda motor jenis ini tak hanya dipakai pria, tapi juga sangat banyak wanita. Fitur-fitur mempermudah pemakaian sekaligus meningkatkan keamanan pun mulai disematkan.

Lantas seperti apa fiturnya ? Berikut detailnya:

1. Stand Switch. Ini semacam pengaman pada standar samping. Banyak pengendara yang lupa menaikkan kembali standar samping ketika mulai melaju dari parkir. Ini cukup berbahaya, terutama jika sedang berbelok ke kiri. Standar yang belum ”dilipat” akan menyentuh tanah dan membalikkan arah kemiringan. Potensi celaka cukup besar.

Dengan adanya fitur ini, standar samping bisa menjadi switch on-off yang akan terhubung dengan kunci kontak dan kelistrikan. Ketika standar belum dikembalikan ke posisi tidak digunakan, sepeda motor tidak akan bisa dinyalakan.

2. Key Shutter. Fitur ini sudah lama digunakan pada sepeda motor sebagai pengaman kunci kontak. Terdapat semacam penutup yang terbuat dari bahan khusus. Untuk membukanya juga harus menggunakan pola khusus yang biasa diletakan di gagang kunci sebagai pemutar.

Memang, apa pun fitur keamanannya, bahkan kelas canggih dengan sistem komputer pun, masih bisa dibobol maling. Namun, paling tidak, dengan tambahan pengaman, maling lebih sulit membobol kunci setang sepeda motor.

3. Smart Lock. Biasanya fitur ini tertanam pada skutik. Namun tidak salah jika diterapkan juga pada sepeda motor jenis lain. Dengan mengaktifkan fitur ini, rem akan otomatis mengunci sebagai pengaman.

Fungsinya bermacam-macam, untuk menahan sepeda motor menggelinding ketika berhenti di persimpangan karena lampu merah, atau bisa juga digunakan untuk mengunci ketika parkir dalam keadaan jalan menanjak atau menurun.

Hal itu pula yang membuat PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akhirnya menerapkan ketiga fitur tersebut pada beberapa skutiknya. Paling baru, disematkan untuk mendongkrak nilai Fino FI yang baru saja meluncur awal 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com