Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Byson Injeksi Sudah Mulai Diuji

Kompas.com - 19/05/2014, 08:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Delhi, KompasOtomotif - Yamaha sudah menampilkan konsep generasi terbaru FZ-S di ajang Delhi Auto Expo, Januari 2014 lalu. Kini, setelah empat bulan berselang, ternyata model yang juga disebut Byson di Indonesia itu sudah mulai diujicoba.

Fakta ini terbukti dari beberapa foto "colongan" yang berhasil diabadikan Autocar India (14/5/2014). Dari sosoknya, terlihat nyaris tidak ada perbedaan dengan konsep yang dipamerkan Yamaha sebelumnya.

Kalau dibandingkan dengan model sebelumnya, Byson baru terlihat lebih kekar, tetapi dengan desain yang lebih "gambot". Ubahan terlihat pada desain batok lampu depan yang menyerupai FZ-1. Desain tangki masih sama seperti model sebelumnya, tetapi bagian bahu (shroud) terlihat lebih kekar.

Motorbeam Desain konsep dengan model produksi massal identik.
Bagian lain yang berubah, adalah desain spion, ujung knalpot dan lampu belakang terlihat seperti "robot". Selain bodi, Yamaha juga memperbarui panel meter digital. Jok kini juga sudah terpisah (split seat).

Urusan mesin, sepertinya masih mengandalkan 153 cc, 4-tak, satu silinder, berpendingin udara. Bedanya, Byson ini sudah dilengkapi dengan sistem asupan bahan bakar injeksi, menggantikan karburator, menawarkan efisiensi dan performa lebih baik.

Kabarnya, Yamaha Indonesia baru mau melepas Byson injeksi ini awal tahun depan. Tapi, satu hal yang pasti peluncuran pertama akan dilakukan di India, tahun ini!

Motorbeam Konsep FZ-S yang dipamerkan di Delhi Auto Show, Januari 2014.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com