Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjegal Yamaha R15 dari Honda Datang Tahun Ini!

Kompas.com - 16/05/2014, 11:57 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif -- Kepastian soal datangnya pesaing Yamaha R15 yang disiapkan PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya terjawab. Sumber internal KompasOtomotif memastikan bahwa R15 tak akan dibiarkan berlama-lama menikmati pasar sendirian. Tahun ini juga, produk penjegal dari Honda akan dilepas.

”Saya bisa memastikan tahun ini (2014). Begitu juga proses produksinya,” ujar seorang sumber tanpa mau menyebut detail waktunya. Pernyataan ini mempertegas spekulasi dan pernyataan AHM sebelumnya bahwa saat ini sedang disiapkan produk yang kompetitif dan bisa head to head dengan R15.

Produk yang dimaksud adalah CB150R Streetfire yang diberi fairing. Posisinya mengisi ceruk di atas StreetFire bergaya naked touring yang saat ini dibanderol Rp 23,4 juta. Mesin dan rangka yang digunakan akan sama seperti Streetfire, tetapi tampilannya akan jauh lebih sporty.

Sumber lain KompasOtomotif dari AHM juga pernah melontarkan pernyataan bahwa harga diusahakan tak jauh dengan R15. Harapannya, bisa di bawah Rp 30 juta. Saat ini, Yamaha R15 sendiri sudah dipasarkan dengan banderol Rp 28 juta on the road Jakarta.

Saat ini Honda mencoba bertahan dengan CBR150R impor utuh (CBU) dari Thailand yang banderolnya mencapai Rp 42,9 juta. Tentu, jika dibandingkan dengan R15, posisi CBR150R sudah tidak kompetitif sehingga butuh pendamping.

Isu lain, jika CB150R ber-fairing dipasarkan, CBR150R tetap tidak dimatikan. Bahkan ada kemungkinan dirakit lokal untuk secara berdampingan berada di garda depan menjadi tulang punggung sport.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com