Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Evalube Ancang-ancang dengan Pelumas Full Sintetik

Kompas.com - 12/05/2014, 10:50 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Produsen oli lokal, PT Wiraswasta Gemilang Indonesia (WGI), dengan brand Evalube, saat ini sedang berkonsentrasi menyiapkan pelumas jenis full sintetis. Pengetesan awal sudah dilakukan, dan paling tidak butuh waktu hingga satu tahun untuk menyelesaikan tes yang lebih kompleks dan proses mendapatkan sertifikasi.

Uji performa pertama dilakukan berbarengan dengan uji ketahanan varian oli untuk sepeda motor beberapa waktu lalu. Jika oli yang saat ini beredar di pasaran untuk skutik dan sepeda motor sport, tahan hingga 6.000 km berdasar uji lab LAPI ITB, untuk yang full sintetis jauh lebih awet dengan performa lebih tinggi.

Ivan Rastianto, Advertising & Promotion Manager WGI, saat ditemui di Otobursa Tumplek Blek 2014 (10/5/2014), mengatakan bahwa tes selanjutnya akan digunakan untuk sepeda motor ber-cc besar. ”Secara pasar arahnya akan ke sana (moge). Sepeda motor bebek dan skutik, atau sport 150cc sudah cukup dengan semi sintetik. Agustus akan kami uji lagi,” jelasnya.

Setelah lolos uji, langkah selanjutnya adalah mendapatkan sertifikasi di BP Migas untuk kemudian diuji lagi secara internal oleh badan milik pemerintah itu. Proses perizinan ini butuh waktu minimal tiga bulan.

Pelumas full sintetik akan jauh lebih baik performanya, karena kandungan sulfur lebih kecil. Efeknya, oli bisa dipakai lebih lama ketimbang semi sintetik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com