Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cicilan Murah Dorong Pengguna Sepeda Motor Beli "Mobil Murah"

Kompas.com - 11/05/2014, 17:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Bogor, KompasOtomotif –- Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengungkapkan, dari riset terhadap 500 pembeli “mobil murah” Karimun Wagon R, ditemukan bahwa promo cicilan “terjangkau” mampu membantu pengguna sepeda motor “naik kelas” untuk memiliki mobil.

Koresponden diambil dari kota-kota besar di seluruh Indonesia, yaitu 100 dari Jakarta, sementara sisanya berasal dari Semarang, Surabaya, Makassar, dan Denpasar. Hasi temuan memaparkan, 39 persen adalah pembeli mobil untuk pertama kalinya. Dari kelompok ini, 90 persen beralih dari sepeda motor, sementara 5 persen berasal dari pengguna jasa angkot dan bus.

“Karakter pembeli Wagon R menarik,” terang Direktur Pemasaran dan Pengembangan Jaringan SIS, Davy J Tuilan, di Bogor, Sabtu (10/5/2014). Tadinya diprediksi, pembeli hanya berasal dari pemilik sepeda motor Rp 20 jutaan (sport kelas 150 cc), ternyata tidak demikian. Davy menambahkan, banyak pengguna skutik yang memutuskan untuk memiliki mobil.

“Dengan program khusus, memudahkan pembelian. Cicilan bisa sampai Rp 1 juta-Rp 1,5 juta,” jelas Davy. Dengan demikian, keluarga yang memiliki pendapatan Rp 7,5 juta sudah memenuhi syarat memiliki Karimun Wagon R. "Misalnya sang suami pendapatannya Rp 4 juta, sang istri pendapatannya Rp 3,5 juta," tambahnya.

Hal lain yang juga terungkap, 32 persen dari 500 obyek riset mengatakan membeli Wagon R sebagai mobil pengganti (mobil bekas).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com