Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Limosin Presiden Rusia Rasa Jerman

Kompas.com - 10/05/2014, 10:48 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Moskwa, KompasOtomotif - Pertengahan April lalu, surat kabar Pemerintah Rusia, Rossiyskaya Gazeta, melaporkan, mobil operasional orang nomor satu, Vladimir Putin, akan dikembangkan oleh pabrikan asal Jerman, Porsche. Nantinya spesifikasi mobil ini akan disesuaikan dengan kebutuhan kepemerintahan.

Dijelaskan, pengerjaan telah dimulai Februari lalu. Proyek ini dinamakan Project Cortege, menghabiskan dana sekitar Rp 4,3 triliun untuk menghasilkan platform yang sesuai buat bodi limosin, SUV, dan kendaraan fungsional lainnya.

Reka bentuk dikerjakan oleh pabrikan lokal, Sollers, GAZ, KAMAZ, dan ZIL, di bawah arahan Porsche Engineering. Pemerintah menjelaskan, proyek ini terbuka buat desainer muda Rusia yang ingin ikut bergabung.

Prototipe pertama siap diperkenalkan pada 2015. Kemudian, menjalani serangkaian sesi uji coba pada 2016. Setelah itu versi produksi bakal menjadi nyata setahun berikutnya. Fokus utama menciptakan limosin terlebih dahulu, sedangkan model SUV dan lainnya menyusul kemudian.

Pemerintah Rusia memprediksi, sebanyak 40.000 unit SUV bisa diproduksi. Meski demikian, hanya lima persen yang akan digunakan sebagai mobil resmi pemerintahan.

Car Advice Konsep interior limosin Vladimir Putin

Dari gambar yang dirilis, bisa terlihat versi cetakan awal (mock-up) memiliki kemiripan dengan Rolls-Royce Phantom dengan ukuran lebih panjang. Di bagian interior, aksentuasi material kulit dan kayu mencerminkan kemewahan. Lambang kebesaran Rusia tertera di kemudi.

Menurut Yahoo! Autos, limosin produksi lokal akan menggantikan model lama yang selama ini digunakan, Mercedes-Benz S-Class yang telah dimodifikasi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com