Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasaki ZX-10R Edisi Ulang Tahun

Kompas.com - 09/05/2014, 13:43 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

Kobe, KompasOtomotif – Hampir bersamaan dengan munculnya ZX-6R edisi khusus memperingati 30 tahun varian Ninja, Kawasaki juga menghadirkan ZX-10R dengan nuansa yang sama. Dua model itu pun didedikasikan untuk mengenang model pertama Ninja, yakni GPZ900R yang lahir pada 1984 silam, dan sukses membuka jalan produsen Jepang itu di bisnis sepeda motor sport.

Hampir sama dengan ZX-6R edisi spesial, warna khusus perpaduan antara hijau lemon dan putih mutiara menjadi ciri khas. Ternyata paduan kelir ini terinspirasi dari versi sepeda motor Kawasaki di World Superbike Championship. Emblem ”30th Anniversary” diletakkan di fairing belakang lampu utama.

Meski penampilan baru, spesifikasi teknis masih sama, menggunakan mesin 998cc tipe I-4. Jantung ini menggunakan injektor bensin ganda. Injektor kedua aktif secara otomatis jika tenaga lebih dibutuhkan. Ini membuat putaran mesin atas sepeda motor semakin galak.

Kawasaki Corak warna beda, tapi teknologi sama.

Teknologi
Peranti teknologi mumpuni terpasang, seperti kontrol traksi yang disebut Sport-Kawasaki Traction Control (S-KTRC), menjemput data dari posisi throttle, putaran roda, putaran mesin, tingkat selip ban, dan akselerasi demi mengoptimalkan traksi.

Kelebihan sistem ini mampu memprediksi kapan sepeda motor akan kehilangan traksi. Ada beberapa saat roda selip sedikit untuk berakselerasi, namun ketika berlebihan, tenaga akan dikurangi untuk menambah cengkeraman roda. Rider bisa memilih tiga mode kontrol traksi ini bergantung dari kondisi jalan yang akan dilewati.

Intelligent anti-lock brake system (KIBS) produk Bosch menjaga rem sepeda motor tak terkunci, dengan kemampuan-kemampuan di atas sistem ABS biasa. Kawasaki memberi banderol sepeda motor ini 14.599 dollar AS atau setara Rp 170 jutaan. Versi yang ber-ABS hanya menambahkan 1.000 dollar AS (Rp 11,5 juta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Motorcycle
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com