Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Baru Nissan Khusus untuk MPV Murah

Kompas.com - 08/05/2014, 13:24 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Purwakarta, KompasOtomotif - Nissan Motor Indonesia (NMI) meresmikan pabrik baru, terletak di kawasan industri Purwakarta Jawa Barat, Kamis (8/5/2014). Bangunan dengan luas total 16 hektar itu untuk saat ini hanya akan digunakan untuk memproduksi MPV murah Datsun, Go+ Panca.

Investasi yang digelontorkan untuk mengoperasikan pabrik ini sebesar 33 miliar yen. Untuk permulaan produksi mencapai 45.000 unit, namun total kapasitas dalam setahun bisa mencapai 80.000 unit. Dengan begitu, total produksi NMI akan bertambah menjadi 250.000 unit setahun, hasil dari dua pabrik (termasuk pabrik baru).

Hiroto Saikawa, Chief Competitive Officer Nissan Motor Co. Ltd, menjelaskan pentingnya Indonesia dan sebuah kualitas produk. "Melalui investasi pabrik kedua di Indonesia dan meningkatkan kemampuan manufaktur global dari Nissan Production Way, kini kami dapat memenuhi permintaan masyarakat Indonesia yang semakin meningkat," ujarnya.

Dengan didirikannya pabrik baru ini, NMI membuka lapangan kerja baru di Indonesia, sebanyak 3.000 peluang bagi masyarakat lokal.

Donny Apriliananda Nissan Motor Indonesia (NMI) meresmikan pabrik baru untuk Datsun yang terletak di kawasan industri Purwakarta Jawa Barat, Kamis (8/5/2014)

15 unit 1 jam
Rery Harlisana, Production Control pabrik baru Nissan, menjelaskan dalam tour singkat, saat ini pabrik bisa melepas 15 unit Go+ Panca dalam 1 jam. "Sebenarnya bisa 30 unit dalam sejam. Tapi untuk saat ini produksi masih sedikit," jelasnya.

Ke depan, pabrik juga akan merakit Go (hathcback), yang juga akan meluncur dengan skema LCGC untuk menemani Go+ Panca.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com