Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

35 Merek Kendaraan Siap Hebohkan IIMS 2014

Kompas.com - 07/05/2014, 15:12 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Indonesia International Motor Show (IIMS) akan memasuki penyelenggaraan yang ke-22 tahun ini. Sampai sekarang (7/5/2014), peserta yang mengonfirmasi akan memeriahkan pameran sejumlah 35 merek, terdiri dari 28 merek kendaraan penumpang dan 7 merek kendaraan komersial. Lokasi masih di JIExpo Kemayoran, dihelat pada 18–28 September 2014.

Mereka adalah BMW, Chevrolet, Chrysler, Daihatsu, Datsun, Dodge, FIAT, Ford, Honda, Hyundai, Infiniti, Jaguar, Jeep, KIA, Land Rover, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Smart, Subaru, Suzuki, Tata Motors, Toyota, dan VW. Sementara untuk merek kendaraan penumpang yang terdaftar adalah FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi FUSO, Tata Motors, Toyota Dyna, dan UD Trucks.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang bekerjasama dengan Dyandra Promosindo sebagai penyelenggara, berkomitmen melakukan perencanaan lebih matang dan pembenahan di berbagai sisi untuk memperbaiki kualitas IIMS.

Lebih besar
”Pameran ini sudah tak lagi bersaing dengan Bangkok, karena sudah lebih besar dan mudah-mudahan lebih besar lagi. Tapi ke depan kami berharap tak hanya kuantitas, tetapi juga lebih mengedepankan kualitas pameran,” ujar Ketua Penyelenggara IIMS 2014, Johnny Darmawan, dalam konferensi pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, (7/5/2014).

Tema yang diangkat tahun ini adalah Smart and Safe Mobility. Johnny mengaku mendapat banyak masukan soal tema, karena sepintas seperti diputar-putar kata-katanya dari tahun ke tahun. Namun, dirinya menegaskan bahwa untuk tahun ini, fokus pameran tak hanya menampilkan kendaraan dengan teknologi pintar, tetapi juga mengedepankan unsur keamanan.

Industri pendukung
Tak hanya peserta dari Agen Pemegang Merek, sejumlah peserta dari industri pendukung juga diklaim semakin banyak. Jumlah exhibitor secara keseluruhan mencapai 320 booth, naik sedikit dibandingkan tahun lalu dengan 317 booth.

Semua peserta akan menempati seluruh area hall JI Expo, meliputi Hall A, B, C, dan D, serta seluruh area outdoor. Total pengunaan lahan tahun ini sebesar 83.137 m2 atau meningkat 10 persen dari total luas lahan tahun lalu 75.101 m2.

Tiket masuk untuk pengunjung masih sama dengan tahun lalu, Rp 40.000 untuk weekdays (Senin-Kamis), Rp 60.000 untuk weekend (Jumat-Minggu). Lalu ada hari khusus di pembukaan pada 18 september dengan tiket Rp 100.000. Jumlah pengunjung ditargetkan mencapai 380.000 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com