Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Identitas Mercedes-Benz G-Class Akan Berubah Total

Kompas.com - 06/05/2014, 11:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber autocar

Stuttgart, KompasOtomotif – Mercedes-Benz G-Class sedang disiapkan untuk berubah wajah secara total dalam beberapa tahun ke depan. 35 tahun dengan konsep desain kotak dirasa sudah cukup mendapatkan jati diri, saatnya mengeksplorasi identitas lain dan akan meluncur pada 2017.

Produsen Jerman itu tidak menyebutkan gambaran desain baru. Bisa tetap mengotak tapi dengan banyak perubahan, bisa juga dengan pahatan desain lain yang lebih modern. ”Kami harus berhati-hati dengan model ikonik. Sesuatu yang sangat spesial akan disiapkan,” ujar Dr. Andreas Zygan, Development Director Daimler AG.

Zygan juga menyebut, tahun lalu, ketika G-Class berusia 34 tahun, penjualannya mencapai rekor sepanjang sejarah. Inilah yang membuat Daimler AG sangat terkesima dan menjadikannya salah satu model favorit untuk merebut hati konsumen.

Desain
Penekanan ”reinkarnasi” akan fokus pada menaikkan stabilitas demi mengakomodasi suspensi depan baru. Ruang kabin juga disebut akan lebih lega dengan desain jok baru, sambil mempertahankan karakter off-road yang selama ini sudah melekat.

Struktur bodi mobil berkode W463 itu juga akan diperbarui dengan menambah lebih banyak bahan aluminium. Lebar akan bertambah 100mm, menjadi total kira-kira 1.860mm. Bobot akan dipangkas 200 kg! Saat ini berat kosong G350 mencapai 2.570 kg.

Desain eksterior, mungkin bakal menghilangkan konsep kaca depan yang hampir vertikal. Sumber autocar menyebut, inspirasi akan datang dari konsep Ener-G-Force yang ditunjukkan dalam gelaran Los Angeles Motor Show 2012 lalu. Konsep ini tak hanya akan dipakai untuk GL-Class, tetapi juga G-Class.

Tentu level teknologi akan naik kelas, dengan lampu LED dan sistem keamanan yang diperbaiki. Deretan mesin disiapkan, termasuk tipe berkapasitas 3.000cc bensin 6-silinder segaris (M256) dan diesel (OM565) yang saat ini sedang disiapkan untuk dipasang pada E-Class 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber autocar
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com