Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Indonesia Pertimbangkan R3 Setelah R25 Stabil

Kompas.com - 05/05/2014, 14:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Demam R15 masih berlangsung, tapi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) terus menjaga ritme dengan mengindikasikan kemunculan R25 dalam waktu dekat. Tak hanya itu, ketika KompasOtomotif lebih jauh menanyakan soal R3—varian 300cc yang sudah dipatenkan di Eropa—YIMM tak menampik keberadaannya.

Eko Prabowo, GM Marketing Communication & Community Development, menjelaskan bahwa R3 memang masih jauh dari kemunculan, namun varian ini adalah salah satu yang akan dipertimbangkan. ”Mungkin akan dipertimbangkan, karena pasar di segmen (menengah) ini akan menarik. Jika terus meningkat, tentu butuh varian lain untuk mendampingi R25 nanti,” katanya dalam peluncuran Yamaha R15 beberapa waktu lalu di Jakarta.

Dirinya lantas mengutarakan pendapat pribadi, bahwa ketika segmen menengah sudah membesar, saat orang sudah punya mobil lebih bagus, mereka tak mau lagi menunggangi sepeda motor ”murah”. Segmen sepeda motor untuk hobi akan meningkat drastis dan dicari.

”Misalnya, sekarang masih punya Avanza atau Xenia, nanti ketika banyak orang sudah bisa beli minimun Innova, peluang di pasar sepeda motor segmen menengah akan melebar. Perkembangan produk yang ’aneh-aneh’ akan lebih berpeluang,” katanya.

Meski demikian, Eko memahami bahwa antara sepeda motor 250cc dan 300cc sangat dekat. ”Saya pikir sementara dengan 250cc (R25) akan ter-cover dulu. Kalau sudah mulai detail seperti segmen matik sekarang ada 125, 110, 115, akan dipertimbangkan R3. Yang ditakutkan, terjadi kanibalisasi karena secara harga dan spesifikasi akan beda tipis,” jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com