Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Poros Engkol Bermasalah, Victory ”Recall” Banyak Model

Kompas.com - 05/05/2014, 10:28 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

California, KompasOtomotif – Polaris Industries mengumumkan recall pada 872 unit sepeda motor produksi 2014 karena masalah mesin. Model-model harus dilakukan perbaikan adalah Boardwalk, Cross Country, Cross Country 8-Ball, Hammer 8-Ball, Jackpot, Judge, Ness Cross Country, Vegas 8-Ball dan Vision produksi antara 22 Januari hingga 25 April.

Berdasarkan dokumen dari NHTSA, poros engkol (crankcase) tidak mendapatkan peranti sesuai spesifikasi. Ini membuat peranti itu tidak bekerja sebagaimana mestinya. Dikhawatirkan, mesin akan tiba-tiba bermasalah dan berpotensi kehilangan kendali yang pada akhirnya meningkatkan risiko celaka.

Masalah ini pertama kali justru ditemukan Polaris sendiri ketika sedang menguji mesin, Maret lalu. Sesuai prosedur kontrol kualitas, semua mesin dites sebelum dipasang pada sasis. Salah satunya mendadak mati, dan seketika Polaris menginvestigasi.

15 April, dalam tes yang sama, dua mesin juga mengalami kendala. Ini memaksa Polaris menghentikan pengiriman untuk investigasi lebih cepat. Ternyata ditemukan, crankcase yang dikirim oleh vendor, dalam hal ini WSI Industries, tidak sesuai spesifikasi dari sisi kualitas.

Polaris mulai mengamati satu-persatu mesin yang diindikasi mengalami masalah, dan mencoba mencari cara memperbaiki kesalahan tersebut. Pemilik yang sudah terlanjur mendapatkan sepeda motor bermasalah sudah dikontak, lalu diimbau untuk tidak mengendarainya dulu untuk dicek dan diperbaiki di bengkel resmi terdekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Motorcycle
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com