Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rossi Akui Sasis Baru Yamaha M1 Terbukti Lebih Stabil

Kompas.com - 05/05/2014, 10:19 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jerez, KompasOtomotif – Keputusan Movistar Yamaha menjejalkan sasis baru pada sepeda motor YZR-M1 menghasilkan perbaikan performa cukup menggembirakan. Setidaknya hal ini bisa dilihat pada MotoGP seri ke-4 di Sirkuit Jerez, Spanyol (4/5/2014). Valentino Rossi podium ke-2 (meski harus bertahan di akhir lomba), dan Jorge Lorenzo di pos ke-4.

Untuk Lorenzo, hasil yang diperoleh memang tidak begitu memuaskan. Namun, secara keseluruhan, ada perkembangan positif pada sepeda motor. Di akhir lomba Rossi mengatakan, sasis baru membantu M1 lebih stabil, terutama menjelang dan melewati tikungan, meski cengkeraman ban masih menjadi kendala.

”Cuaca yang panas (suhu lintasan mencapai 53 derajat celsius) membuat ban cepat habis. Saya mengambil keputusan berisiko dengan ban keras di depan, karena pengalaman balapan lalu, ban habis di akhir lomba. Keputusan saya ternyata tepat,” ujar juara dunia balap kelas premier 7 kali itu.

Lorenzo juga sudah menyatakan optimismenya memangkas jarak dengan Pedrosa dan Marquez ketika tim memutuskan pakai sasis baru. Namun, dikatakannya, masalah utama Yamaha adalah kecepatan, terutama saat melibas tikungan.

”Meski terdapat perbaikan di satu sisi (sasis dan pengendalian), kami gagal mencari setelan pas jelang balapan. Ban belakang tidak bekerja maksimal dan selalu kehilangan grip,” beber Lorenzo.

Terus drop
Keluhan soal cengkeraman ban itu bisa dilihat pada catatan waktu keduanya yang terus drop menjelang balapan berakhir. Sementara duo Repsol Honda masih cepat dan konsisten. Itulah mengapa Pedrosa dengan mudah menyalip Lorenzo dan hampir "menerkam" Rossi di akhir lomba. Sementara Marquez sudah bermain di dunianya sendiri.

Memang, satu per satu pekerjaan rumah Yamaha mulai dibereskan. Mulai memperbaiki girboks seamless, sampai menemukan sasis baru. Namun, paling krusial saat ini adalah tenaga sepeda motor, terutama saat keluar dari tikungan.

Balapan masih menyisakan 14 seri lagi, tentu masih banyak waktu untuk Yamaha memperkecil ketertinggalan. Buat penggemar, persaingan sengit membuat musim balap 2014 lebih menarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com