Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Baru Mazda CX-9 ”Pangkas” Mesin

Kompas.com - 03/05/2014, 16:45 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Mazda CX-9 yang mewakili SUV medium lahir dengan mesin besar enam silinder. Namun terkuak kabar dari salah satu eksekutif, kalau generasi baru bakal lebih ramah lingkungan, dan irit bahan bakar dengan penggunaan mesin yang lebih efektif.

Mesin V6 akan diganti dengan jantung empat silinder turbo. Rupanya Mazda akan segera meninggalkan kompetitor di segmennya yang masih menggunakan mesin besar untuk mengangkut bodi bongsor dengan kapasitas tujuh penumpang di dalamnya.

Informasi ini diindikasikan oleh Masahiro Moro, Mazda Global Head of Sales and Marketing, pada CarAdvice di New York Auto Show beberapa waktu lalu. Dikatakan, CX-9 generasi baru bermesin lebih ringkas ini akan muncul pada 2016.

Langkah ini merupakan salah satu buntut keputusan perusahaan yang pelan-pelan meninggalkan bekas kerjasama dengan Ford. Alasan kedua, Mazda akan fokus dengan mesin efisien, seperti yang selama ini perusahaan lakukan dengan menciptakan teknologi Skyactiv.

”Kami stop memproduksi mesin V6 di penghujung 1990-an. Lalu kami meggunakan mesin V6 Ford (hingga sekarang dan digunakan pada CX-9) hingga kini saatnya setiap orang mendambakan mesin yang kecil dikombinasikan dengan turbo sebagai solusi,” ujar Moro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com