Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pusat Pendidikan dan Pelatihan Otomotif Astra Otoparts

Kompas.com - 30/04/2014, 17:44 WIB
Roderick Adrian Mozes

Penulis

Jakarta, Kompas.com - PT Astra Otoparts Tbk meresmikan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Otomotif, di SMK PGRI 20, Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (30/4/2014). Pusat Pendidikan dan Pelatihan Otomotif ini merupakan bentuk dari Corporate Social Responbility (CSR) kepada dunia pendidikan, khususnya kepada SMK PGRI 20 yang telah terjalin selama kurang lebih 7 tahun.

"Kerjasama yang terjalin seperti saat ini tidak didapat dengan mudah. Semua bermula dari minimnya lulusan SMK PGRI 20 yang diterima di Astra Otoparts. Pada waktu itu ada 200 lulusan yang lolos psikotes, tapi pada tahap wawancara hanya lima yang diterima. Ini kemudian membuat kami berusaha mencetak lulusan yang bisa memenuhi standar di Astra, salah satu caranya ya dengan menjalin kerja sama dengan Astra Otoparts," kata Kepala Sekolah SMK PGRI 20, Purwosusilo.

Direktur PT Astra Otoparts Tbk, Yusak Kristian, mengatakan bahwa kerja sama seperti ini tidak hanya sekedar CSR, tapi merupakan bentuk kerja sama yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Karena dengan memberikan pendidikan serta pelatihan secara nyata kepada murid, maka murid tidak akan kaget ketika terjun langsung ke dunia kerja, khususnya di Astra Otoparts.

"Ini bentuk kerja sama yang terus berkesinambungan, kami memiliki kebutuhan untuk mendapatkan tenaga kerja yang handal, dan SMK PGRI 20 memiliki motivasi yang kuat dalam mengembangkan dan menyiapkan siswa untuk masuk ke dunia kerja. Jadi kami berharap bisa menyerap tenaga kerja nan handal melalui Pusat Pendidikan dan Pelatihan Otomotif ini," kata Yusak.

KOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZES Direktur PT Astra Otoparts Tbk, Yusak Kristian, meninjau siswa yang sedang praktek otomotif di SMK PGRI 20, Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (30/4/2014). PT Astra Otoparts Tbk meresmikan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Otomotif yang merupakan bentuk kerja sama berkesinambungan dengan SMK PGRI 20 Jakarta untuk mencetak lulusan yang siap masuk ke dunia kerja.
Shop and Drive
Untuk memberikan gambaran utuh kepada siswa. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Otomotif dibangun persis seperti outlet Shop and Drive yang merupakan unit retail Astra Otoparts. Di tempat ini siswa akan diajarkan bukan sekedar pengetahuan teknis mesin dan alat-alat, tapi juga pengetahuan mengenai manajemen konsumen.

"Jadi percuma jika memiliki tenaga kerja yang jago dalam teknis mesin, tapi ketika menghadapi konsumen sikapnya tidak baik. Nah, di pusat pendidikan dan pelatihan inilah siswa akan diajarkan mengenai attitude, cara berbicara dengan pelanggan hingga menghadapi komplain," beber Yusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com