Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaikindo Minta Pertamina Segel Selang Dispenser BBM

Kompas.com - 30/04/2014, 09:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), khususnya produsen mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC), sudah sepakat untuk memperkecil lubang tangki pengisian BBM. Pertamina juga berencana menyeragamkan lebih dari 30.000 ujung selang (nozzle) dispenser, supaya singkron dengan rencana ini. Tapi, meski positif upaya ini dinilai rentan pada praktik penyalahgunaan sejumlah kalangan yang mau mengambil untung.

"Untuk itu kami meminta Pertamina benar-benar tegas dalam hal pengawasan di lapangan," jelas Jongkie Sugiarto, Ketua I Gaikindo kepada KompasOtomotif, Selasa (29/4/2014) petang.

Jika tidak diawasi, konsumen LCGC yang nakal bisa menggunakan corong khusus supaya tetap bisa menenggak BBM bersubsidi. Dari 5.400 jaringan SPBU di seluruh Indonesia, milik langsung Pertamina hanya 78 lokasi, sisanya dikelola swasta. Artinya, praktik persaingan dagang bisa memicu terjadinya kecurangan di lapangan.

"Bisa saja, misalnya ada dua SPBU saling bersampingan yang satu Premium-nya laku karena banyak LCGC yang isi, sementara yang lain tidak bisa, tentu akan menimbulkan persaingan tidak sehat di lapangan," beber Jongkie.

Oleh karena itu, Gaikindo berharap penyeragaman nozzle dispenser di SPBU Pertamina harus diawasi ketat. Salah satu caranya, dengan menyegel nozzle supaya pebisnis SPBU tidak nakal dan mengubah lagi ke ukuran semula. "Ujung selang itu bisa di segel, bisa pakai seperti yang ada di meteran listrik, jadi efektif dan mengurangi tindak penyelewengan," tutup Jongkie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com