Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Bikin Nissan Teana Lebih Kencang dan Irit

Kompas.com - 29/04/2014, 13:39 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jimbaran, KompasOtomotif - Optimisme PT Nissan Motor Indonesia (NMI) cukup mengembang ketika Nissan Teana terbaru dirilis beberapa waktu lalu. "Amunisi" sedan medium ini cukup banyak untuk menantang para rival, termasuk kombinasi mesin dan transmisi yang diklaim membuatnya semakin irit bahan bakar.

Di sela-sela test drive media, di Bali, 28-30 April, Senior Product Specialist Teana and Product Planning Departement NMI, M Ikhsan Satriawinandi, mengatakan bahwa paket mesin dan transmisi baru secara signifikan membuat mobil semakin terasa sporty meski berbadan cukup besar.

"Kalau saya bilang, dibandingkan dengan kompetior, paket tenaga dan efisiensi sangat sebanding dengan harga yang lebih terjangkau. Kenyamanan juga lebih baik dengan sound system baru, Bose, plus akustik yang baik. Ngobrol santai ditemani sound system berkelas, jadi bikin betah di dalam kabin," jelas Ikhsan.

Ubahan setelan CVT
Paket seperti apa? Dijelaskan, bahwa terdapat ubahan setelan pada Xtronic CVT. Shift shock atau jeda gigi, dibuat dengan efek sangat halus, sehingga membuat penumpang tak merasakan proses saat perpindahan gigi. Generasi baru transmisi otomatik ini sudah dirancang ulang sekitar 70 persen.

Poin ubahannya adalah pengurangan gesekan internal 40 persen yang mengurangi kerugian hilangnya daya pada transmisi. Lalu, program/control logic baru dengan range rasio lebih "lebar" membuat semakin responsif di putaran bawah. "Akibatnya, rpm mesin lebih rendah saat kecepatan tinggi konstan. Intinya, semua itu membuat efisiensi lebih baik," jelas Ikhsan.

Meski demikian, Ikhsan tak mau mengungkap konsumsi bahan bakar yang berhasil diperbaiki dibandingkan dengan model sebelumnya. "Orang di segmen ini tidak peduli soal bahan bakar. Mereka lebih peduli dengan kenyamanan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com