Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Lalu Lintas Kuta dari Jok Belakang All-New Yaris

Kompas.com - 28/04/2014, 12:12 WIB
Denpasar, KompasOtomotif - Usai meluncurkan All-New Yaris, Toyota Astra Motor (TAM) langsung menggelar media test drive di Bali, akhir pekan lalu (24-26 April 2014). Ada 10 unit Yaris terbaru yang terdiri dari varian G AT dan TRD AT. KompasOtomotif pada kesempatan pertama memilih untuk menikmati perjalanan di area Kuta, Bali, sebagai penumpang di jok belakang.

Panas terik yang sangat menyengat kala itu (34 derajat celsius), langsung hilang ketika masuk kabin. Semburan AC di level 2, mampu menciptakan ruang yang dingin, dan terasa hingga baris belakang. Sengatan sinar ultraviolet pun mampu teredam dengan baik, berkat jendela yang sudah dilapisi kaca film.

Ruang kabin lapang yang merupakan efek dari ubahan dimensi yang lebih besar ternyata terbukti, dan bukan hanya slogan semata. Ruang kaki cukup lapang untuk pria dewasa dengan panjang hingga 2 meter. Begitu pula dengan ruang kepala. Posisi duduk terkesan amblas karena konstruksi trim agak tinggi, setara bahu.

KompasOtomotif Menikmati jok belakang All-New Yaris saat pelesir di Kuta, Bali
Sandaran
Ada hal menarik yang didapat saat tubuh bersandar. Posisi atau konstruksi sandaran tergolong lebih nyaman dibanding pendahulunya. Bahkan meski menggunakan platform yang sama dengan All-New Vios, sandaran Yaris lebih ramah memeluk tubuh. Mulai dari sudut kemiringan yang pas dengan tinggi rata-rata orang dewasa (165 - 200 cm). Plus, posisi sandaran kepala yang benar-benar mampu menyangga dengan baik.

Ada beberapa model yang memiliki head rest yang kurang sesuai, sehingga harus mengatur tinggi rendah sandaran atau bahkan posisi duduk, agar kepala dapat disangga dengan baik. Paling penting adalah posisi sandaran yang tepat dan benar bisa menjadi mengurangi cedera leher saat tabrakan.

Dadi Hendriadi, GM Technical Service TAM, di sela-sela acara test drive, menjelaskan, kosntruksi tersebut didapat dari desain khas pilar C khas hatchback yang tidak terlalu landai. Plus, ruang kabin yang lapang. Perbedaan dengan All-New Vios adalah desain pilar C yang lebih landai dan juga keberadaan tulang bagasi sehingga sudut sandaran tidak seleluasa Yaris.

Kesimpulan
Hal penting lain yang bisa memberikan kenyamanan adalah material permukaan luar dan ketebalan jok. Dengan kolaborasi dari semua sajian tersebut, menempuh perjalanan dari Bandara I Gusti Ngurah Rai, berkeliling Kuta-Pettitenget-Kuta, dengan kondisi cukup macet, duduk di jok belakang tidak mudah lelah. Faktor hiburan dari head unit yang mumpuni dan kualitas suara audio yang mantap, membuat perjalanan makin menyenangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com