Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Termahal “Made in China” Dibanderol Rp 9,3 miliar

Kompas.com - 25/04/2014, 14:18 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Beijing, KompasOtomotif - Label “made in China” kerap dikaitkan dengan produk murah dengan kualitas disesuaikan. Namun pada Beijing Motor Show (20-29 April) 2014, ada pembeli mobil yang “rela” merogoh kocek sampai Rp 9,3 miliar hanya untuk membeli satu unit mobil China, FAW Hongqi L5.

Kebijakan legal “menjiplak” model merek asing buat sebagian produsen lokal, mengikis harga jual mobil di China jauh di bawah harga model aslinya. Tapi mobil pilihan pebisnis furnitur, Wang Zhonghua, bukan sembarangan. Ia “jatuh cinta” pada unit produksi massal pertama dari limosin kenegaraan, Hongqi CA770.  

drpneu Ukuran dimensi Hongqi L5, panjang 5.555 mm, lebar 2.018 mm, dan tinggi 1.578 mm.

Banyak media China mengungkapkan, Hongqi L5 merupakan mobil termahal yang pernah dijual di China. Padahal dengan dana sebesar paling tidak bisa mendapatkan 10 mobil kelas menengah yang juga dipamerkan.

Komunis
Hongqi CA770 berkaitan erat dengan partai komunis China. Kendaraan super mewah itu hanya diproduksi terbatas sebagai kendaraan operasional pejabat kelas atas sejak era 1950-an. Hongqi sendiri berarti “Red Flag” (bendera merah).

Tidak mengherankan, sebab FAW memang didirikan partai komunis pada 1953 yang melihat peluang industri. Tujuannya mendukung pemerintah mengampanyekan pembelian mobil merek lokal. Sejak 1990 bersama Volkswagen, FAW salah satu pelopor strategi kerja sama dengan perusahaan otomotif asing.

Autoweek Interior Hongqi L5 menonjolkan nuansa kemewahan

Super premium
Hongqi versi pemerintah telah diluncurkan saat kunjungan Presiden Perancis ke China pada April 2013.  L5 merupakan model ketiga dari Seri L, sebelumnya telah ada Hongqi L9 dan Hongqi L7.

Hongqi L5 adalah jawaban China buat mobil super premium, seperti Bentley Mulsanne dan Rolls-Royce Phantom. Ukuran dimensinya besar, panjang 5.555 mm, lebar 2.018 mm, dan tinggi 1.578 mm. Meski bodi gambot,  mesin V12 6.0 liter bertenaga 408 PS dan torsi 550 Nm mampu membuatnya melenggang lincah bila dibutuhkan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com