Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/04/2014, 11:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber inautonews
Beijing, KompasOtomotif — FAW Group memperkenalkan sedan flagship Hongqi L5 di Beijing Auto Show 2014. Sedan premium ini dijuluki sebagai mobil termahal di China karena punya banderol 5 juta yuan atau Rp 9,2 miliar.

Melongok harganya, sedan berjulukan "bendera merah—jika diartikan secara harafiah—bersaing dengan mobil premium lain sekelas Bentley Flying Spur atau Ferrari 458. Bagi para pemimpin Partai Komunis di China, sedan ini cukup digemari. Salah satunya, Wang Zhonghua, pebisnis yang lagi menunggu pesanannya datang ke rumah, tiga bulan mendatang.

Sedan ini dipasarkan dan khusus diciptakan berdasarkan pesanan (custom) untuk para pejabat negara saja. Kini, pada pameran otomotif tebesar di China, sedan ini mulai dipasarkan ke publik umum.

Dijelaskan, bobot Hongqi L5 mencapai 3.174 kg dengan sistem penggerak empat roda (4WD) pintar. Suspensi hydro-pneumatic sama seperti milik Citroen, dan mendapat pasokan tenaga dari mesin aluminium berkapasitas 6,0 liter, V12, yang menghasilkan tenaga 400 HP dan torsi 550 Nm. Transmisi yang digunakan 6-percepatan otomatis dengan kecepatan maksimum 200 kpj.

Mesin yang besar serta bobot yang berat membuat level konsumsi bahan bakar mobil ini lumayan boros, 5 kpl.

FAW Bersaing dengan merek premium asing.
China sengaja menciptakan mobil supermewah untuk menandingi merek-merek asing yang dominan mengisi ceruk ini. Dengan mobil ini, China berharap bisa memperbesar rasa nasionalisme warga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber inautonews
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com