Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segmen Sedan Tergerus "Mobil Murah" dan MPV Bawah

Kompas.com - 24/04/2014, 17:38 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Pasar sedan tahun ini diprediksi akan turun. Sebab itu, Honda Prospect Motor (HPM) memilih untuk mencoba mempertahankan All-New City di segmen sedan mini.

Sepanjang tiga generasi (1996-2013), City telah terjual sebanyak 64.094 unit di Indonesia. HPM mengklaim, City merupakan sedan kompak dengan kurun waktu penjualan terpanjang dan meraih angka penjualan tertinggi di Indonesia. 

Pada 2013, semua segmen sedan HPM terjual 7.386 unit. City menyumbang 40 persen, atau 2.975 unit. Namun, tahun ini berbeda. Semua segmen sedan diperkirakan bakal menurun sehingga memengaruhi pemasaran. 

Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service HPM, memaparkan, semua segmen sedan mereka hanya akan meraup dua persen dari total penjualan nasional 2014. Penyebab utamanya, tergerus segmen LCGC dan MPV bawah yang semakin meningkat.

“Dari kelas itu (dua persen sedan), 60 persennya disumbangkan sedan non-taksi. Dari 60 persen itu, kelas mini sedan mengambil pangsa pasar 30 persen,” ucap Jonfis, saat peluncuran All-New City, di Jakarta, Kamis (24/4/2014).

Bertahan
Jonfis mengungkapkan, target All-New City adalah orang-orang “raising star”. “Konsumen ini memakai mobil sehari-hari yang kebanyakan hidup formal. Mereka adalah orang-orang berusia 30-40 tahun yang optimis, ambisius, pekerja keras, percaya diri, yang kita sebut sebagai 'rising star',” terangnya.

Survei telah dilakukan, konsumen sasaran menginginkan kabin yang terluas di kelasnya, tingkat keselamatan yang tinggi, dan performa mesin yang baik. All-New City menjawab lebih. Desainnya menjadi lebih sporty dan elegan serta memiliki tampilan lebih macho. Ruang kabin lega karena ukuran lebih lebar dan tinggi.

Dengan kehadiran edisi terbaru berkonsep “naik kelas” plus kenaikan harga sekitar 5 persen dari pendahulunya, HPM berencana menjual 1.950 All-New City dari April hingga Desember, dengan mempertahankan 45 persen marketshare seperti tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com