Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemudahan Mencari Lokasi Parkir Kia Sportage Saat Gelap

Kompas.com - 23/04/2014, 20:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Meski berasal dari Korea Selatan, Kia punya banyak ciri khas Eropa. Tidak hanya soal desain tapi juga fitur. Salah satunya diberi nama Headlamp Escort yang bisa ditemukan pada Sportage. Fitur ini membantu pemilik mobil menemukan lokasi parkir, terutama di tempat yang agak gelap.

Belum banyak orang yang tahu kelengkapan ini, termasuk pemilik mobil. Arifani Perbowo, GM Product Development Kia Mobil Indonesia, menjelaskan, lampu depan akan tetap menyala selama 30 detik, setelah pemilik mengunci pintu menggunakan remote. Syaratnya, posisi saklar lampu depan tetap berada dalam posisi “on”, namun khusus untuk tipe tertinggi, Platinum, fitur aktif pada “on” atau “auto”.

“Itu fungsinya yang pertama. Setelah ditinggalkan sinar akan meredup pelan-pelan, ini membantu langkah kaki kita ketika berada di lokasi parkir yang gelap”  ucap pria yang akrab dipanggl AP ini.

Fungsi kedua, mengantisipasi bila pemilik lupa lokasi parkir. Skenario ini berguna dalam kondisi minim cahaya atau sangat ramai seperti parkiran di dalam gedung.  Selain dibantu suara alarm, lampu depan ikut menyala ketika pintu tak lagi dalam posisi terkunci. Jadi, mobil lebih mudah ditemukan.

“Sinyal dari kunci remote diterima transmiter yang terletak di atas dasbor tengah, sistem ini dikendalikan langsung dari Electronic Control Unit (ECU). Sengaja memang kita set 30 detik, karena kalau terlalu sebentar tidak maksimal dan bila terlalu lama terlalu banyak menyedot energi baterai,” terang Arifani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com