Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mercedes-Benz G-Class Versi China

Kompas.com - 23/04/2014, 10:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Beijing, KompasOtomotif – Kendaraan asal China dengan tampang Jepang, Jerman, atau Amerika, rasanya sudah akrab di telinga dan mata. Seolah tak peduli, label ”copycat” terus ”dipelihara” karena mungkin banyak pihak berlindung di bawah payung joint-venture. Sejumlah merek China dengan ”bebas” menjiplak model partner-nya.

Paling baru adalah Beiqi BJ80. Dijepret di Beijing Auto Show pekan ini (20-29 April), model ini dianggap mirip G-Class. Garis desain kotak dan tinggi off-roader legendaris hasil kreasi Mercedes-Benz itu tak disembunyikan sama sekali.

autoevolution Dari samping, garis bodi G-Class sangat kentara.

Lalu, ditambah aksen Jeep dan Hummer di sana-sini, termasuk gril dan lampu dengan ciri lubang besar-besar dipisahkan garis yang sewarna bodi. Mesin menggunakan tipe V8, 4.000cc, berbahan bakar bensin.

Meski cukup mengganjal, ada fakta yang harus diterima. Merek Beiqi yang menelurkan BJ80 ternyata milik BAIC Group, partner Mercedes-Benz di China. Dengan payung kerjasama ini, seolah merek China dengan halal menjiplak model-model merek ternama.

Sama halnya dengan Brilliance, merek partner-nya BMW yang pernah merilis sedan-sedan mirip Seri 3 dan Seri 5. Tinggal beli emblem BMW palsu, dipasang dan orang tidak ada yang tahu kalau jerohannya merek China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com