Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur untuk Permudah Aksi "Burnout"

Kompas.com - 22/04/2014, 17:11 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Detroit, KompasOtomotif - Selain lekat dengan kesan muscle car, Mustang GT punya impresi di ajang adu kebut lintasan lurus, drag race. Mendukung hal tersebut, Ford memperkenalkan fitur “burnout” di Mustang GT edisi 2015 yang dinamakan Electronic line-lock.

Dijelaskan, fungsi utamanya mempermudah pemanasan ban sebelum balapan dimulai. Saat digunakan, sistem akan tetap mempertahankan kerja rem depan (tanpa perlu menginjak pedal rem) sementara rem belakang dilepaskan.

Jadi, saat kelengkapan tersebut diaktifkan dan gas mulai dibejek semakin dalam, kedua ban belakang mampu berputar di tempat. Visual semakin terasa dramatis setelah asap mulai mengepul.

Kerja fitur memanfaatkan unit kontrol hidrolis pada sistem stability control untuk mengunci rem depan. Dijelaskan, memasang fitur ini perlu sedikit modifikasi, sistem kendali mekanis pada bagian rem harus dilepaskan, diganti elektronis.

Garansi
Ford sepertinya tidak menghalangi konsumen Mustang GT untuk bertanding di kompetisi resmi. Dikatakan, fitur ini hanya layak digunakan di kompetisi balap, namun di sisi lain, Ford juga mengingatkan, balapan bisa menghapus garansi kendaraan.

Meski optional, keputusan menyediakan fitur ini sebagai piranti resmi masih sedikit kontroversi. Satu-satunya alasan yang diungkapkan, karena Ford bisa melakukan itu. 

“Mustang menawarkan mode mengemudi yang bisa digunakan untuk kompetisi jalanan atau balapan resmi. Jadi ketika kami menyadari kami bisa menyediakan fitur keren ini, keputusannya sangat mudah, let's do it,” ucap Mustang Chief Engineer, Dave Pericak, seperti diberitakan Motortrend, Senin (21/4/2014). 

Aksi "burnout" Ford Mustang GT 2015 dengan Electronic line-lock.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com