Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ban Michelin untuk Menurunkan Biaya Operasional Bus

Kompas.com - 21/04/2014, 18:33 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Michelin Indonesia memperkenalkan X Coach Energy Z, ban baru khusus untuk kendaraan besar termasuk bus penumpang, Senin (21/4/2014), di Hotel Kempinski, Jakarta. Selain diklaim mempunyai daya cengkeram dan tingkat kenyamanan lebih baik, ban ini juga dikatakan membantu mengurangi biaya operasional.

Jean-Charles Simon, Country Director Michelin Indonesia, melihat bahwa ban radial telah menjadi sangat penting bagi pasar Indonesia. ”Dengan semakin meningkatnya infrastruktur dan kebutuhan transportasi, diperlukan ban yang dapat mengurangi biaya operasional melalui efisiensi bahan bakar serta memberikan tingkat keamanan tinggi,” tambahnya.

Dijelaskan, ban radial untuk bus ini 20 persen lebih aman dari produk sebelumnya, dengan memaksimalkan kinerja lapisan pada tapak, dan memperkuat bagian tersebut untuk meningkatkan ketahanan terhadap benturan. Casing juga lebih kuat dengan tingkat lapisan 18PR.

Penghematan
Selain itu, Michelin mengklaim penggunaan ban ini akan menghemat bahan bakar bus 11 persen dibanding ban radial biasa. Dirancang khusus dengan cooler running crown arhitecture dan lebar tapak yang lebih optimal, mampu meningkatkan ketahanan terhadap kerusakan akibat panas. Kertahanan vulkanisir juga lebih baik 20 persen.

Dengan segala kelebihan itu, Michelin berani menggaransi penurunan biaya operasional karena rolling resistance yang lebih rendah. Efek lain, ban lebih aman di permukaan jalan yang basah karena mempunyai desain pola kembangan dengan bahan lebih berkualitas. Selain itu, stabilitas lateral ban yang lebih baik saat di permukaan jalan yang basah.

Semua produk Michelin X Coach Energy Z tersedia dalam bentuk tubeless dengan ukuran 295/80R22.5 di Indonesia mulai April 2014. Harga setiap piece Rp 5,6 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com