Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Audi Lahirkan SUV dari Mobil Sport TT

Kompas.com - 21/04/2014, 10:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Beijing, KompasOtomotif - Audi punya ide inovatif, yakni melahirkan model SUV dari mobil sport ikonis TT. Hasilnya disebut konsep TT Offroad, debut dimulai di Beijing Motor Show 2014. Bos pengembangan Audi, Ulrich Hackenberg, membuktikan, tipe bodi baru menandakan DNA TT bisa menghasilkan "spesies" lain.

Hanya sedikit penjelasan bagaimana mengubah mobil yang kental dengan performa di jalan aspal, menjelma menjadi kendaraan yang bisa berlaga di banyak medan. Namun pada dasarnya, Audi menggunakan basis yang sama, namun ditinggikan, memiliki empat pintu, dan empat jok individual.

TT Offroad menggunakan platform modular MQB milik Volkswagen, yang telah digunakan pada TT terbaru dan banyak model keluarga lainnya. Dalam kabin, banyak mengadopsi fitur new TT, mulai dari tampilan dasbor, hingga panel instrumen di belakang kemudi, yang menggunakan layar 12,3 inci dengan visual digital. Sementara jok di baris kedua bisa dilipat untuk meningkatkan kapasitas bagasi.

Sistem gerak menggunakan hibrida listrik sistem colok (plug-in), membuatnya masuk keluarga e-tron quattro Audi. Mesin utama, 2.0 liter TFSI telah terintegrasi dengan motor listrik untuk menggerakkan roda depan. Motor listrik kedua diplot untuk roda belakang, tenaga disuplai dari paket baterai lithium-ion.

Kombinasi seluruh sumber tenaga menghasilkan daya 413 PS dan torsi 650 Nm. Audi mengklaim, tingkat efisiensi bahan bakar mencapai 52 kpl.

Rumor yang beredar mengatakan, saat menjadi model produksi, Audi akan menamakannya Q4. Berada di tengah model Q3 dan Q5 yang sudah beredar. Audi sebelumnya sudah mengonfirmasi kelahiran crossover Q1 pada 2016, sementara model produksi TT Offoad akan menjadi pesaing Range Rover Evoque dan BMW X4. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com