Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia Garap “Adik” Sportage?

Kompas.com - 21/04/2014, 09:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

New York, KompasOtomotif — Bersamaan dengan pengenalan SUV kompak Hyundai Ix25 di New York Auto Show 2014, titik cerah terlihat bahwa perusahaan saudara se-Korea Selatan, Kia, akan memiliki model baru di segmen yang sama. Bos desain Hyundai-Kia, Peter Schreyer, mengatakan, segmen baru itu sedang booming di seluruh dunia, jadi terlalu menggiurkan buat Kia jika dilewatkan.

Hyundai menempatkan Ix25 di bawah Ix35 (Tucson) yang juga dipasarkan Kia sebagai Sportage. Dengan begitu, bila Kia ingin menggunakan cara yang sama, maka anggota keluarga baru bisa jadi lahir menjadi “adik” Sportage.

“Saya pikir segmen B-SUV adalah segmen yang sangat menarik. Kami telah memikirkan tentang ini. Konsep Niro cocok di jalur ini,” ujar Schreyer kepada Car Advice, Kamis (17/4/2014).

Kia Niro
Model ini pertama mejeng di depan publik saat Frankfurt Motor Show 2013. Ia bergerak menggunakan sistem hibrida. Mesin bensin 4-silinder, 1,6 liter, bertenaga 160 PS untuk menggerakkan roda depan, sedangkan motor listrik 45 PS untuk kedua roda belakang. Keempat roda mampu bergerak bersamaan (all wheel drive).

Panjangnya 4.185 mm, sementara lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.558 mm. Saat diperkenalkan, Kia belum mengatakan berniat untuk menjadikannya unit produksi.

Konsep ini adalah jelmaan kreasi Schreyer, yang percaya potensi Kia dan Hyundai di segmen “mini” SUV bakal mampu berkembang, walaupun harus berbagi pangsa pasar yang sama. “Saya pikir B-SUV segmen yang pesat tidak hanya di pasar negara berkembang, tetapi juga di Eropa dan Amerika Serikat, yang termasuk dalam gaya hidup. Saya pikir ini sangat menarik dan masih ada banyak ruang buat Kia dan Hyundai,” ujar Schreyer. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com