Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung Beijing Motor Show 2014

Teknologi "Auto Pilot " Nissan Jadi Pertama yang Dirasakan Konsumen

Kompas.com - 21/04/2014, 08:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Beijing, KompasOtomotif - Selain bertaruh pada teknologi mobi listrik murni dengan memasarkan Leaf, Nissan Motor Company juga punya ambisi lain. Keinginan terdekatnya, adalah menjadi merek pertama yang mulai memasarkan mobil dengan teknologi otonomos mulai 2020.

"Tahun depan semua urusan rancang bangun sudah selesai. Kami akan masuk tahap lanjutan," jelas Andy Palmer, Chief Planning Officer Nissan Motor Company di Beijing, China, Minggu (20/4/2014).

Teknologi otonomos Nissan terus dikembangkan dengan pendekatan pelindung keselamatan (safety shield). Kelengkapan kamera, radar, dan sensor yang terangkai dalam teknologi otonomos ini, juga disiapkan dengan konsep nol fatalitas di jalan. Upaya untuk menghapus korban jiwa di jalan.

"Teknologi ini seperti auto pilot di pesawat terbang. Bisa membawa Anda dari satu lokasi ke tempat lain, tanpa Anda harus menyentuh lingkar kemudi. Tetapi, pengemudi menjadi pemegang kendali utamanya," jelas Andy.

Komputer
Selain Nissan dan beberapa merek mobil lain, perusahaan berbasis penyedia layanan komputer seperti Google juga tengah memaksimalkan teknologi serupa. Melihat hal ini, Nissan memastikan tidak merasa bersaing negatif. Justru bisa meningkatkan kualitas dan daya saing untuk menciptakan fitur terbaik bagi konsumen.

"Kami melihat mereka (perusahaan komputer) lebih sebagai mitra ketimbang lawan usaha," tutup Andy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com