Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MV Agusta F3 800 AGO, untuk Sang Legenda

Kompas.com - 20/04/2014, 15:50 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

Varese, KompasOtomotif – MV Agusta mengumumkan bakal memproduksi F3 800 edisi spesial, menghormati legenda balap Italia, Giacomo Agostini. Sepeda motor akan diberi tambahan nama ”AGO”, yang rencananya resmi melantai di EICMA, Milan, beberapa bulan mendatang.

Edisi spesial untuk sang legenda memang sangat pantas. Sebab, Agostini, pemegang rekor sepanjang masa dalam balap Grand Prix sepeda motor itu telah mengoleksi 15 gelar juara dunia, 13 di antaranya menggeber MV Agusta.

motorcycle Edisi spesial, hanya akan diproduksi 300 unit.

Tentu, Aroma Italia sangat kental untuk sepeda motor ini. Bodi bernuansa ”tricolore” atau tiga warna khas bendera Italia, yakni putih, merah, dan hijau. Aksen emas terdapat pada fairing, pelek, dan ujung knalpot membuat gaya semakin mewah.

Ringan
Tak hanya tampang, beberapa komponen terbuat dari bahan ringan yang sanggup memangkas bobot cukup besar. Sepatbor terbuat dari serat karbon, beberapa komponen terbuat dari aluminium, termasuk pelek yang berjenis forged aluminium. Dengan begitu, berat kosong hanya 171 kg, atau 2 kg lebih ringan ketimbang F3 800 regular.

Jantung mekanis identik dengan versi standar, menggunakan teknologi MV Agusta’s Motor & Vehicle Integrated Control System (MVICS), peranti elektronik yang mengontrol gas, traksi, hingga setelan mesin. Perpindahan gigi khas, lebih cepat dan mulus, dilengkapi ABS sebagai peranti standar.

motorcycle Logo nomor 1 dan tanda tangan milik Agostini, membuat harganya lebih mahal hampir dua kali lipat dibandingkan dengan versi standar.

Mahal
Model ini hanya akan diproduksi 300 unit, masing-masing terdapat tanda tangan Agostini pada tangki bensin dan plakat kecil pada setang. Sertifikat asli akan diberikan untuk pembeli sebagai bukti kepemilikan sah dan mempertahankan harga.

Di Eropa, model ini dibanderol 23.990  Euro atau setara Rp 378 juta. Harga itu lebih mahal hampir dua kali lipat ketimbang model regular, yaitu beda 14.710 Euro atau Rp 232 juta untuk model standar, dan beda 15.310 Euro (Rp 241 juta) dari model yang dilengkapi ABS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Motorcycle
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com