Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Siap Tambil Beda di Beijing Motor Show 2014

Kompas.com - 17/04/2014, 12:53 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Beijing, KompasOtomotif - Nissan Motor Company akan tampil beda di pameran Beijing Motor Show yang mulai bergulir lusa, (20 April 2014). Pabrikan otomotif terbesar kedua di Jepang itu akan menyegarkan tampilan sebagian besar model yang di pasarkan di China supaya terlihat lebih menarik di antara peserta pameran lain.

Maklum saja, di China tercatat ada 80 pabrikan mobil yang berjibaku memperebutkan penjualan. Dengan sedikit sentuhan berbeda, Nissan berharap bisa jadi pusat perhatian, paling tidak selama pameran berlangsung.

Shiro Nakamura, Kepala Desain Global Nissan, mengatakan, perusahaan berencana mengganti bentuk gril beberapa model andalan dengan bentuk "V" sehingga membentuk kesatuan konsep yang sama.

"Sebelumnya, kami tidak merasakan ada tekanan kebutuhan tampilan yang menyatu, tapi banyaknya jumlah merek yang ada di China terus bertambah, dan terlalu banyak wajah yang ditampilkan," jelas Nakamura dilansir Reuters (16/4/2014).

"Jika Anda tidak menyatukan tampilan merek dalam satu kesatuan, maka Anda tidak akan dipedulikan," lanjut Nakamura.

Jawaban
Desain baru juga menjadi respons Nissan dari kompetisi yang dilakukan Volkswagen, dengan menampilkan Audi, Seat, Skoda, Bentley, Bugatti, Lamborghini, dan Porsche. Merek Jerman itu berupaya tampil dalam kesatuan desain, terutama pada model-model VW, Skoda, dan Seat sehingga terkesan solid.

"Desain V-motion merupakan jawaban kami melalui tampilan visual. Kami sadar kalau selama ini cenderung lebih memilih rendah hati," lanjut Nakamura.

Konsep manajemen standar merek untuk global ini mulai diikuti merek lain, seperti Kia Motors yang melakukan hal serupa. "Semua industri otomotif global dipengaruhi oleh strategi VW. Jika kita mencoba menandinginnya, identitas merek Anda bisa terlupakan nantinya," tukas Nakamura.

Nissan berhasil memperbesar penjualannya di pasar global 3,1 persen tahun lalu (2013) menjadi 5,1 juta unit. Di China, penjualan Nissan, Infiniti, dan Vanucia (merek gabungan dengan Dongfeng Automobile) juga naik seperlima dari tahun lalu menjadi 963.117 unit. Menguasai pangsa pasar 5,7 persen di China, menurut LMC Automotive.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com