Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda CB150R "Full Fairing" Siap Menjegal Yamaha R15

Kompas.com - 17/04/2014, 11:23 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Euforia peluncuran model terbaru Yamaha R15 di Indonesia begitu besar. Bahkan, pemesanan pertama 1.500 unit ludes dalam waktu 23 jam alias tidak genap sehari. Memang bagi konsumen Yamaha, kehadiran R15 banyak dinanti karena pabrikan belum pernah menyentuh segmen ini, sehingga menjelaskan begitu besar animo masyarakat.

Dari kubu sebelah, Honda, terus awas memperhatikan gerak-gerik R15. Sambil menyiapkan model baru, CBR150 akan dirakit lokal untuk menjegal R15 di kemudian hari. Karakteristik Honda yang "slow but sure" coba diperlihatkan dalam menyiapkan model saingan dengan daya saing setara, bahkan lebih baik.

"Model kami akan lebih baik dari kompetitor, tunggu saja," ujar sumber internal PT Astra Honda Motor (AHM) kepada KompasOtomotif, belum lama ini.

Saat ini Honda mencoba bertahan dengan CBR150 impor utuh (CBU) dari Thailand, yang banderolnya sudah semakin meroket hingga Rp 42,9 juta on the road Jakarta. Tentu, melihat R15 yang dibanderol Rp 28 juta, posisi CBR150 sudah tidak kompetitif, sehingga butuh pengembangan baru.

CB150R
Lantas upaya apa yang coba dilakukan Honda untuk memperoleh sepeda motor sport 150cc full fairing yang harganya lebih kompetitif? Caranya dengan memanfaatkan platform CB150 StreetFire untuk disiapkan varian baru "full fairing".

Informasi yang diterima dari orang dalam AHM, tengah disiapkan StreetFire "full fairing" ini untuk diproduksi massal di Indonesia. Posisinya mengisi ceruk di atas StreetFire yang bergaya "naked touring" yang saat ini dibanderol Rp 23,4 juta.

Mesin dan rangka yang digunakan untuk varian baru ini sama seperti StreetFire, tapi memang tampilannya dibedakan, jauh lebih sporty. "Mudah-mudahan bisa di bawah Rp 30 juta, doakan saja," lanjut sumber itu lagi.

Lantas kapan varian baru ini akan dikeluarkan Honda? Kabarnya paling cepat akhir 2014 atau awal 2015, jadi Yamaha masih bisa menikmati pasar duluan!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com