Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sosok "Telanjang" Mazda MX-5 Skyactiv

Kompas.com - 16/04/2014, 18:10 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

New York, KompasOtomotif — Seperempat abad setelah debut di Chicago Motor Show 1989, Mazda MX-5 akhirnya menjelma menjadi sosok yang dibekali teknologi Skyactiv. Mobil sport kompak generasi keempat ini akan dipasarkan pada 2015.

Pada New York Motor Show yang telah dibuka sejak 15 April 2014, Mazda tidak menampilkan mobil dalam bentuk utuh, tetapi hanya memperkenalkan teknologi terbaru sasis Skyactiv yang akan menjadi "tulang punggung" MX-5.

Dijelaskan, posisi mesin akan berbeda dari sebelumnya. Ditambah dengan pusat gravitasi yang lebih rendah, sasis ini diklaim bakal memiliki kemampuan manuver jauh lebih baik. Dengan sasis baru, bobot kendaraan juga bisa dipangkas hingga 100 kg berkat baja yang telah diperkuat dan dirampingkan. Hasilnya, bobot varian terbawah model soft top diperkirakan cuma 1.050 kg.

Jarak poros roda dibuat sedikit lebih panjang untuk meningkatkan stabilitas berkendara, kenyamanan, dan menambah kapasitas kabin. Selain semua hal tersebut, tidak ada lagi detail yang dibeberkan.

Mesin
Meski tidak dijelaskan, rumor yang beredar setelah presentasi menunjukkan, MX-5 akan ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yaitu bensin 4-silinder Skyactiv berkapasitas 1,5 liter bertenaga 130 PS, dan 2,0 liter berdaya 165 PS. Sama seperti sebelumnya, tersedia transmisi manual dan otomatis.

Carscoops Rekayasa digital tampang All-New Mazda MX-5

Desain bodi sangat jauh berbeda dari representasi bahasa desain “Kodo” seperti yang dimiliki Mazda3 dan Mazda6. Komposisinya akan terlihat seperti roadster klasik dengan kap mesin panjang dan kabin yang seperti “dipaksakan” mendekati gardan belakang.

“Konsep orisinal MX-5 sangat sederhana, menawarkan kesenangan murni dari mobil sport ringan yang mampu bergerak tepat sesuai kemauan pengendara,” urai bos Mazda, Takashi Yamanouchi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com