Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karimun WagonR Varian Tengah Lebih Diburu di Daerah

Kompas.com - 16/04/2014, 17:04 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Semarang, KompasOtomotif – Suzuki Karimun WagonR sebagai andalan Suzuki di segmen LCGC diterima sangat baik di Jawa Tengah. Di Semarang misalnya, kuartal pertama 2014, model ini terjual 299 unit. Menariknya, di antara tiga tipe yang dipasarkan yakni GA, GL, dan GX, justru tipe tengah (GL) yang lebih disukai, berbanding terbalik dengan konsumen di Jakarta yang lebih suka tipe tertinggi (GX).

Dari data penjualan model ini di Semarang, varian GL terjual 187 unit. Sementara GX, 104 unit, dan sisanya 9 unit untuk GA. Menurut Fie An, Branch Manager PT Sunmotor Indosentra Trada, yang melayani konsumen Suzuki di wilayah Semarang, tipe tengah itu dirasa lebih value for money.

”Dari aspek harga lebih terjangkau. Fitur-fitur dan aksesori yang dimiliki pun sudah cukup untuk pemakaian sehari-hari. Bukannya tipe GX tidak laku, tapi lebih banyak yang tipe tengah,” ujarnya dalam Pameran Otomotif Semarang 2014, (16/4/2014).

Jika dibandingkan, antara tipe GX dan GL memang berbeda sedikit saja. Tipe GL sudah dilengkapi immobilizer, central lock, lampu multireflector, power steering, dan metal timing chain, pelek alloy, roof rail, dan audio single DIN.  Sementara GX mempunyai semua fitur tipe GL ditambah dengan AC double blower serta audio 2DIN.

Harga
Beda harganya juga sedikit. Di Semarang, varian GA dijual Rp 83,5 juta. Sedangkan tipe tengah, GL, dibanderol Rp 98,7 juta. Sementara tipe GX dilepas Rp 106,9 juta. Karena cukup banyak peminat, konsumen harus rela menunggu inden hingga 2-3 bulan.

”Dengan Jakarta kira-kira beda Rp 4-5 juta. Harga ini sudah mengikuti kenaikan harga. Kami optimisi, di Semarang Karimun WagonR semakin bertambah peminat,” kata Fie An.

Karimun WagonR sendiri memberikan kontribusi sangat positif pada penjualan Suzuki secara keseluruhan di Indonesia. Selama Maret 2014, terjual (wholesales) 2.037 unit dan meyumbang 15 persen dari total penjualan Suzuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com