Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komodo, Dipakai untuk Nama Model SUV India

Kompas.com - 07/04/2014, 11:49 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif -- Manufaktur asal India, Mahindra & Mahindra (M&M), terus menarik perhatian otomotif dunia. Setelah mengakuisisi pabrikan terbesar keempat Korea Selatan, SsangYong, pada 2010 lalu, pengembangan mobil konsep mereka memasuki tahap kemajuan terbaru. Paling anyar, M&M punya mobil konsep dengan nama unik, Komodo IED Concept.

Sama dengan konsep sebelumnya, mobil listrik Halo Coupe dan SUV Scorpio. Pemilihan nama yang digunakan selalu mengundang atensi. M&M tidak menjelaskan soal penamaan Komodo, tetapi jelas bahwa makna kata itu mirip dengan nama kadal terbesar simbol khas Indonesia.

Carscoops SUV Mahindra Komodo

Makrand Patil, desainer berkebangsaan India, merupakan personel yang bertanggung jawab atas seluruh konsep Komodo. Kreasinya dapat dicermati dalam foto, seluruh purwarupa direka sewaktu menjalani studi di institut desain Eropa terkemuka (Institute Europeo di Design/IED) di Turin, Italia.   

“Apa yang saya persembahkan adalah SUV khusus pasar India. Pengguna bisa siapa saja, mulai dari pebisnis muda usia menengah, pria berkeluarga, hingga penggemar olahraga. Mobil ini besar, kuat, dan kokoh, serta mewah pada saat yang bersamaan. Sempurna untuk kondisi jalanan India,” katanya seperti tertulis dalam surel kepada Carscoops, bulan lalu.

Carscoops Tampak belakang SUV Mahindra Komodo

Komodo punya dua kepribadian, yaitu mampu berjalan mulus di jalan raya layaknya mobil “normal” dan punya kemampuan off-road untuk menunjang aktivitas “liar”. Sistem gerak semua roda (4X4) menghalalkan Komodo beraksi di luar jalan aspal.

Rekaan mobil produksi ini mengadopsi semua atribut merek Mahindra, seperti kemampuan, keaslian desain, dan fungsionalitas. Spesialisasinya pada ketahanan dan keandalan sebagai idaman India.

“Mimpi saya untuk memadukan DNA orisinal Mahindra yang telah berevolusi menghasilkan yang terhebat, Mahindra Komodo,” ucap Patil menutup kata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com